Pikiran Rakyat
USD Jual 14.235,00 Beli 13.935,00 | Berawan, 20.6 ° C

Masuk Daftar Bloomberg 50, Begini Jejak Nadiem Makarim

Siska Nirmala Puspitasari

JAKARTA, (PR).- Pendiri Gojek Nadiem Makarim masuk dalam deretan 50 sosok yang menginspirasi pada 2018 versi Bloomberg.

"Tidak ada aplikasi lain yang telah mengubah kehidupan di Indonesia dengan cepat dan mendalam seperti Go-Jek. Dari 2015 dengan fokus pada pemesanan taksi sepeda motor (ojek) berkembang menjadi aplikasi untuk membayar tagihan, memesan makanan, hingga membersihkan rumah," tulis Bloomberg, dikutip Kantor Berita Antara dari situs resminya, Senin, 10 Desember 2018.

"The Bloomberg 50" berisi sosok-sosok ternama dalam bidang binis, hiburan, keuangan,politik, hingga ilmu pengetahuan dan teknologi.

Sepak terjang Nadiem yang kini mengembangkan Gojek ke Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam membuat Bloomberg menyandingkan namanya dengan presiden Mexico Andres Manuel Lopez Obrador, pendiri Spotify Daniel Ek, pop star Taylor Swift dan grup idol Kpop BTS.

Mengutip laman profil LinkedIn, Nadiem menempuh pendidikan Sarjana mengambil jurusan hubungan internasional di Brown University, Amerika Serikat pada 2002. Lulus tahun 2006, dia kemudian melanjutkan studinya mengambil pasca-sarjana jurusan bisnis di Harvard Business School pada 2009.

Sebelum melanjutkan studi, dia sempat bekerja di perusahan konsultan manajemen mulinasional McKinsey & Company. Setelah memperoleh gelar Master of Business Administration, Nadiem menduduki posisi Managing Director di Zalora Indonesia pada 2011.

Pada saat itu, Nadiem tengah merintis Gojek. Setelah 10 bulan menduduki posisi tersebut, Nadiem kemudian meninggalkan Zalora dan menjabat sebagai Chief Innovation Officer (CIO) Kartuku. Selang satu tahun, Nadiem kemudian undur diri untuk fokus mengembangkan Gojek.

Tips memulai startup



Saat ditanya tentang tips bagi mereka yang ingin memulai startup, Nadiem menyebut tiga hal. Pertama adalah "mencoba untuk tidak terlalu banyak mendengar ahli, termasuk saya," ujar Nadiem.

"Mulai saja dulu, jika kamu tidak mulai kamu tidak akan berada di sana," ujar dia.

Selanjutnya, Nadiem berpesan kepada anak muda untuk tidak menjadi orang lain. "Banyak anak muda yang punya mimpi "oh saya ingin seperti dia." Kamu sebenarnya punya kesempatan sukses lebih besar jika kamu memecahkan masalah di sekitarmu dengan tindakan," kata dia.

"Ketiga, tanya apa pun, jangan mudah percaya apa yang orang lain katakan, riset, eksperimen, dan tes," ujar dia.***

Bagikan: