Pikiran Rakyat
USD Jual 14.280,00 Beli 14.182,00 | Sebagian berawan, 20.9 ° C

Pencarian Korban dan Puing Lion Air Libatkan Nelayan di Empat Kabupaten

Dodo Rihanto

KARAWANG, (PR).- Kendati kotak hitam pesawat Lion Air PK-LPQ dengan kode penerbangan JT 610, telah ditemukan, namun proses pencarian korban dan bagian pesawat lainnya masih berlanjut di perairan Tanjukpakis, Karawang, Kamis 1 November 2018. Pada hari ke empat pencairan, tim mulai melibatkan nelayan binaan Satuan Polisi Air (Satpol Air) Kepolisian Resor Karawang.

Kepala Satuan Polisi Air (Kasatpolair) Karawang, Ajun Komisaris Sitorus mengatakan, ratusan nelayan yang tinggal di 12 muara sungai di Karawang diminta ikut menyisir laut untuk menukan korban atau serpihan pesawat, sambil mereka menangkap ikan.

"Di setiap muara kami memiliki kelompok nelayaan binaan. Tiap kelompok terdiri dari 10 nelayan. Berarti ada 120 nelayan yang dilibatkan langsung dalam pencarian," kata Sitorus.

Menurutnya, nelayan yang menemukan korban atau serpihan pesawat dipastikan akan melapor ke Satpol Air. Bahkan, nelayan yang tidak masuk ke dalam kelompokpun pasti akan melapor jika menemukan korban jatuhnya pesawat.

Menurut Sitorus, pelibatan kelompok nelayan,  tidak hanya berlaku di Karawang saja. Semua nelayan di sepanjang pesisir Kabupaten Bekasi, Subang, dan Indramayu pun dilibatkan  juga.

"Semua nelayan di empat kabupaten itu dilibatkan, tetapi tidak secara langsung, sambil mereka melaut," kata Sitorus.***

Bagikan: