Pikiran Rakyat
USD Jual 14.325,00 Beli 14.025,00 | Umumnya berawan, 28 ° C

Solidaritas, Palestina Beri Bantuan untuk Korban Bencana Sulawesi Tengah

ANAK-anak pengungsi gempa dan tsunami Palu bermain di tempat pengungsian di halaman kantor Dinas Sosial Sulteng di kota Palu, Sulawesi Tengah, Kamis 11 Oktober 2018.*
ANAK-anak pengungsi gempa dan tsunami Palu bermain di tempat pengungsian di halaman kantor Dinas Sosial Sulteng di kota Palu, Sulawesi Tengah, Kamis 11 Oktober 2018.*

JAKARTA, (PR).- Palestina melalui Palestinian International Cooperation Agency (PICA) memberikan bantuan kepada korban gempa serta tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

"Palestina menerima panggilan dari Indonesia atas gempa dan tsunami yang terjadi di Sulawesi Tengah. Pemerintah dan rakyat Palestina berduka atas bencana yang melanda Palu dan sekitarnya,” kata Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Zuhair Saleh Muhammad Al-Shun, dalam konferensi pers di KedubesPalestina, Jakarta, Kamis 11 Oktober 2018.

Rakyat Palestina, seperti diberitakan Kantor Berita Antara, berharap agar para korban gempa dan tsunami diberikan kesembuhan dan kekuatan. Menurut Zuhair Saleh Muhammad Al-Shun, donasi yang diberikan adalah ucapan terima kasih dari rakyat Palestina atas apa yang sudah diberikan oleh Indonesia selama ini.

Ia mengatakan, donasi ini sebagai bentuk persaudaraan antara Palestina dan Indonesia yang terjalin erat selama ini. “Keadaan Palestina saat ini yang sudah membuat hati kami tergerak untuk membantu saudara kami, Indonesia,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Badan Kerja Sama Internasional Palestina (Palestinian International Cooperation Agency/PICA), Imad Al-Zuhairi, mengatakan rakyat Palestina prihatin atas kejadian yang menimpa masyarakat Palu dan sekitarnya.

"Donasi ini adalah rasa keprihatinan mendalam dan solidaritas kami kepada masyarakat Sulawesi Tengah," ucap Imad Al-Zuhairi.

Adapun bentuk bantuan yang diberikan Palestina itu berupa sarung, air mineral, terpal, tenda, selimut, kebutuhan untuk wanita dan bayi, genset hingga tempat penyimpanan air.

"Atas instruksi Presiden Palestina kami, Badan Kerja Sama Internasional Palestina langsung memberikan bantuan kepada Indonesia di Kedutaan Besar Palestina di Jakarta," ujarnya.

Tadinya, bantuan tersebut akan segera dikirimkan ke Palu dan sekitarnya melalui Bandara Halim Perdanakusuma.

"Sebenarnya kami mendapatkan instruksi langsung untuk segera bergerak ke wilayah terdampak gempa dan tsunami. Namun beratnya kondisi di lapangan membuat kami melaksanakan rencana kedua yaitu memberikan bantuan di Jakarta," kata dia.

Palestina juga kirim insinyur dan tim medis



Palestina siap mengirimkan tim insinyur dan tim kesehatan untuk membantu percepatan rehabilitasi dan rekonstruksi di Sulteng.

"Kami juga akan mengirimkan insinyur dan dokter kami untuk membantu rehabilitasi di Palu dan sekitarnya pascagempa dan tsunami," ujar Direktur Jenderal Badan Kerja Sama Internasional Palestina (Palestinian International Cooperation Agency/PICA) Imad Al-Zuhairi.

Palestina, kata Imad, “Siap untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman dengan Indonesia. Kita punya pengalaman bagaimana membangun pasca bencana".

Ia menyebut PICA telah menyiapkan 24 orang yang terdiri atas tim kesehatan maupun insinyur untuk dikirimkan ke Palu dan wilayah sekitarnya. "Namun rencana tersebut belum terealisasi karena terkendala medan yang sulit sebagaimana informasi yang kami dapatkan," kata dia.

Situasi dan kondisi lapangan yang sulit itu, lanjut dia, membuat Palestina melalui PICA memberikan bantuan berupa sarung, air mineral, terpal, tenda, selimut, kebutuhan untuk wanita dan bayi, genset serta penyimpanan air kepada masyarakat Sulawesi Tengah.



"Rencana awal kami ingin mendatangkan tim yang kami sediakan, namun dengan keadaan di lapangan kami mengirimkan bantuan logistik untuk masyarakat Sulawesi Tengah di Kedutaan Besar Palestina di Jakarta," ujar dia.



Selain itu, ia mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi tingginya atas bantuan Indonesia kepada rakyat Palestina selama ini.



"Indonesia selalu membantu Palestina dalam upaya mewujudkan kemerdekaan negara Palestina dan Al quds sebagai kotanya," ujar dia.

Sebelumnya dalam kesempatan yang sama, Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Zuhair Saleh Muhammad Al-Shun, menyatakan, "Palestina menerima panggilan dari Indonesia atas gempa dan tsunami yang terjadi di Sulawesi Tengah. Pemerintah dan rakyat Palestina berduka atas bencana yang melanda Palu dan sekitarnya”.

Rakyat Palestina, berharap agar para korban gempa dan tsunami diberikan kesembuhan dan kekuatan.(Fani Ferdiansyah)***

Bagikan: