Pikiran Rakyat
USD Jual 14.558,00 Beli 14.460,00 | Hujan petir singkat, 22 ° C

Pilpres 2019, Gatot Nurmantyo Dukung Siapa?

Muhammad Irfan

JAKARTA, (PR). — Setelah dua pasang bakal calon presiden dan wakil presiden yakni pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno resmi mendaftar ke KPU, kedua pihak kini sibuk menyusun tim pemenangan. Nama-nama besar beredar untuk mengisi posisi ketua tim yang tentunya akan berperan dalam proses pemenangan kedua belah pihak nanti.

Satu nama yang mulai santer dibicarakan adalah sosok mantan Panglima TNI, Gatot Nurmantyo. Awalnya, setelah pensiun, Gatot digadang-gadang untuk menjadi bakal calon RI 1 atau paling tidak 2. Namun, setelah hanya dua pasang calon yang mendaftar dan mendapat sokongan dari partai parlemen, dukungan Gatot dipertanyakan. Mutakhir, kelompok pendukung Gatot terbelah menjadi dua.

Relawan Selendang Putih Nusantara (RSPN) misalnya melabuhkan dukungan pada Prabowo Subianto-Sandiaga Uno pada pemilihan presiden (Pilpres) 2019. Dalam keterangan persnya, Ketua Umum RSPN, Sumiarsi menyebut telah meminta agar Dewan Pimpinan Wilayah, Dewan Pimpinan Daerah, dan cabang-cabang agar bersinergi dengan partai politik pengusung Prabowo-Sandi.

“Selendang Putih Nusantra punya 29 dewan pimpinan wilayah di 34 provinsi. Kini kami tengah mempersiapkan pembentukan pengurus DPD dan DPC di seluruh Indonesia,” kata dia.

Sementara simpul relawan lain yang awalnya bernama Gatot Nurmantyo untuk Rakyat (GNR) mendukung Joko Widodo-Maruf Amin dan mengubah namanya menjadi Garda Nasional untuk Rakyat.

Koordinator GNR Dondi Rivaldi, mengklaim sebelumnya telah menggaungkan nama Gatot untuk maju sebagai capres hingga ke 34 provinsi dan sudah mendirikan kepengurusan di masing-masing provinsi. Kendati begitu, kelompok relawan ini sama sekali belum bertemu dengan eks Panglima TNI tersebut.

"Setelah kami sepakati, secepat mungkin akan menghadap Pak Gatot untuk menyampaikan pokok pikiran relawan GNR ini," kata Dondi.

Belum bersikap



Sementara, sampai hari ini Gatot belum menyatakan sikap dalam Pilpres 2019. Kendati demikian, tiap kubu menyebut nama Gatot akan cukup potensial jika berlabuh di kubunya. Wakil Koordinator Bidang Pratama Partai Golkar, Bambang Soesatyo misalnya, menyebut nama Gatot bisa saja menjadi Ketua Tim Nasional Jokowi-Ma’ruf. Hal ini dia katakan seiring informasi TKN Jokowi berasal dari non-parpol dan eks militer.

“Bisa pak Gatot, pak Moeldoko, atau yang lainnya. Tetapi saya belum bisa memastikan karena saya tidak di tim. Hanya dapat informasi saja,” kata Bambang di Kompleks Parlemen, Kamis 23 Agustus 2018.

Bambang tak menampik idealnya sosok dari militer untuk mengimbangi Prabowo yang telah menunjuk mantan Panglima TNI Djoko Santoso. Tetapi pihaknya pun menyadari kalau pemilihan masih dalam proses dan perlu dilakukan hati-hati. 

“Karena tim pemenangan dapat menentukan perjalanan dan pertarungan pada Pilpres mendatang,” kata dia.

Sebelumnya, dari kubu seberang, Bakal Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno berniat menggandeng Gatot untuk masuk ke dalam tim pemenangannya bersama Prabowo Subianto. Sandi mengaku telah berkali-kali mengajak Gatot bertemu untuk membahas perekrutan. Gatot hingga saat ini belum bisa ditemui oleh Sandi.

"Saya lagi meminta waktu dengan Pak Gatot. Sudah dua mingguan saya minta tapi belum ketemu waktunya. Mudah-mudahan ini langkah awal untuk bisa ikut mengajak Pak Gatot berjuang bersama," kata Sandi. Dia pun mengaku mengagumi sosok Gatot Nurmantyo sebagai panglima TNI yang ingin berjuang untuk rakyat.

Sementara itu, meski Bambang menyebut Gatot berpotensi menjadi ketua TKN, Sekjen PKB Abdul Kadir Karding yang menjadi salah satu partai pengusung Jokowi menyebut nama Gatot belum pernah dibicarakan sebelumnya. Karding menjelaskan semua keputusan terkait nama ketua tim pemenangan diserahkan kepada Jokowi, termasuk latar belakang sosok yang akan dipilih nantinya.

"Tidak harus mendikotomikan kemampuan kepemimpinan sipil militer. Militer bagus-bagus, sipil juga bagus. Jadi tergantung Pak Jokowi," kata dia Kamis 23 Agustus 2018.***

Bagikan: