Pikiran Rakyat
USD Jual 14.413,00 Beli 14.315,00 | Cerah berawan, 24.4 ° C

Menpan RB Asman Abnur Dicopot, Jusuf Kalla Bandingkan Kinerjanya dengan Yuddy Chrisnandi

Muhammad Irfan
MENTERI Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung memaparkan hasil rapat terbatas membahas pembubaran lembaga nonstruktural di Kantor Presiden, Selasa 20 september 2016.*
MENTERI Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung memaparkan hasil rapat terbatas membahas pembubaran lembaga nonstruktural di Kantor Presiden, Selasa 20 september 2016.*

JAKARTA, (PR).- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur dicopot dari jajaran kabinet Joko Widodo. Hal itu diterima dengan legawa oleh partai Asman, Partai Amanat Nasional.

PAN memahami dinamika politik dan jatuhnya dukungan PAN untuk pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pilpres 2019 menjadi salah satu alasan kenapa Asman diganti.

Wakil Sekretaris Jenderal PAN Saleh Partaonan Daulay menyebut, jika melihat kinerja Asman selama ini, dia sudah melakukan yang terbaik. Tetapi dia menilai ada desakan di kubu petahana agar posisi yang kini diduduki Asman diganti.

"Mungkin karena lingkaran di sekitarnya, bisa saja beliau (Presiden Joko Widodo) didesak. Mudah-mudahan keputusannya membawa kebaikan buat semua," kata Saleh kepada wartawan, Selasa 14 Agustus 2018.

Beberapa prestasi yang selama ini dilakukan Asman, kata Saleh di antaranya ada banyak terobosan reformasi birokrasi yang telah dia lakukan. Tidak hanya terkait penataan SDM, tetapi juga dalam efisiensi penggunaan anggaran. Wakil Ketua Komisi IX DPR ini pun menyebut telah mendengar informasi kalau kinerja Asman dipuji oleh pemerintah.

"Pak Asman berhasil mengefisienkan anggaran puluhan triliun rupiah. Itu sudah dilaporkan kepada presiden. Pak Pratikno juga mengakui kinerjanya bagus. Kami tentu senang mendapat penilaian seperti itu," ujar dia.

Dengan berbagai pertimbangan tadi, dia pun bisa memahami kalau nantinya  Asman Abnur benar dicopot dari jabatannya oleh presiden. Apalagi, selain karena dinamika politik dimana PAN kini berlabuh ke oposisi, reshufle kabinet merupakan hak prerogatif presiden.

"Namun demikian, terkait dengan dinamika politik kekinian, perlu dicatat kembali bahwa secara konstitusional Presiden memiliki hak preogatif untuk menentukan komposisi kabinet dalam menjalankan roda pemerintahan. Termasuk dalam hal ini untuk melakukan pergantian. Jadi, jika sewaktu-waktu presiden ingin melakukan pergantian, itu sah-sah saja," katanya. (Muhammad Irfan)

Jusuf Kalla bandingkan dengan Yuddy



Sementara itu, dilaporkan Antara, Wakil Presiden RI Jusuf Kalla membandingkan kinerja Asman Abnur dengan Menpan RB terdahulu Yuddy Chrisnandi."Bagus, dia saya lihat (kinerjanya) rapi. Ya, tidak jauh dengan Yuddy," kata Wapres Kalla kepada wartawan di Kantor Wapres RI, Jakarta.

Jusuf Kalla menjelaskan bahwa perombakan menteri Kabinet Kerja yang rencananya akan mencopot Asman dari kursi menteri disebabkan oleh perubahan peta koalisi.***

 

Bagikan: