Pikiran Rakyat
USD Jual 14.644,00 Beli 14.546,00 | Sedikit awan, 24.2 ° C

Ingin Suarakan Aspirasi Pemuda, Tina Toon Maju Jadi Caleg di Pileg 2019

Ari Nursanti

JAKARTA, (PR).- Mantan penyanyi cilik Tina Toon memilih menjadi calon anggota legislatif (caleg) PDI Perjuangan untuk DPRD DKI Jakarta karena ingin mewakili generasi milenial menyuarakan aspirasi kaum muda.

"Saya memilih dunia politik di usia muda, agar bisa mewakili generasi milenial yang masih sedikit berkarir di poliitik," kata Tina Toon, di Jakarta, Rabu 1 Agustus 2018. Perempuan kelahiran Jakarta, 20 Agustus 1993 ini, mengakui sudah sejak lama tertarik dengan dunia politik dan berangan-angan suatu saat akan menjadi wakil rakyat di parlemen.

Pemilik nama asli Agustina Hermanto ini kemudian memilih PDI Perjuangan sebagai partai politik untuk menampung cita-cita politiknya menyuarakan generasi muda melalui calon legislatif di Pileg 2019. Kenapa Tina Toon memilih PDI Perjuangan? Alumni magister hukum dari Universitas Tarumanegara Jakarta ini menjelaskan, karena PDI Perjuangan dalam pandangannya adalah partai konsisten mengawal ideologi Pancasila. "Pancasila adalah dasar negara Indonesia," kata Tina seperti dikutip dari Kantor Berita Antara.

Tina kemudian menjelaskan, nilai-nilai luhur dari setiap sila dalam Pancasila secara fasih, mulai dari ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, musyawarah dan keadilan. "Dalam prinsip keadilan, setiap WNI yang memenuhi syarat punya hak politik. Semua orang punya hak untuk berjuang dan diperjuangkan," ujarnya.

Aktif di TMP



Putri pasangan Aan Hermanto dan Megawati ini meskipun becita-cita jadi politisi, tapi tidak menyangka dalam usianya yang baru 25 tahun sudah mendapat kesempatan menjadi caleg di Pileg 2019 dari PDI Perjuangan, partai politik yang menjadi pujaannya. Tina Toon yang populer melalui lagu "Bolo-bolo" menilai saat ini eranya milenial, yakni era generasi muda berprestasi dan berkreasi, termasuk di bidang politik. "Saya merasa ini eranya untuk berkreasi dan berprestasi di bidang politik," tuturnya.

Sebelum menjadi caleg untuk DPRD DKI Jakarta dari daerah pemilihan Jakarta Utara, Tina juga sudah aktif di Taruna Merah Putih (TMP), salah satu organisasi sayap kepemudaan di PDI Perjuangan.***

Bagikan: