Pikiran Rakyat
USD Jual 14.598,00 Beli 14.500,00 | Umumnya berawan, 25.1 ° C

Cara Menyelamatkan Diri Jika Kapal Laut Tenggelam

Yusuf Wijanarko

MUSIBAH tak dapat diperkirakan kapan terjadinya. Termasuk di dunia pelayaran, musibah bisa saja terjadi saat kapal laut berlayar dikarenakan kondisi kapal yang buruk ataupun pengaruh cuaca.

Untuk Anda yang sering bepergian menggunakan moda transportasi kapal laut, ada baiknya Anda mengetahui cara untuk menyelamatkan diri sewaktu kapal laut tenggelam. Untuk Anda yang belum tahu, Priceza akan memberikan tips menyelamatkan diri dari kapal yang tenggelam.

Pahami panduan keselamatan



Sebelum penumpang mengawali perjalanan, biasanya akan diperlihatkan demo panduan keselamatan melalui layar TV. Selain itu, panduan keselamatan juga diberikan melalui selebaran yang diselipkan di kursi penumpang ataupun poster yang disebar di bagian interior kapal.

Sebaiknya, perhatikan demo panduan keselamatan kapal supaya tidak panik dan bisa melakukan tindakan mandiri saat terjadi darurat.

Perhatikan keberadaan jaket pelampung



Idealnya, setiap kapal laut memiliki jaket pelampung dengan jumlah yang memadai sesuai jumlah penumpang. Jika jaket yang tersedia tidak memenuhi jumlah penumpang, kapal tersebut sudah menyalahi aturan yang berlaku.

Saat menaiki kapal laut, pastikan Anda mengetahui keberadaan jaket pelampung supaya bisa langsung menggunakannya sewaktu terjadi kecelakaan. Meskipun Anda menggunakan kapal laut dalam durasi kurang dari tiga jam, tak ada salahnya untuk tetap mengenakan jaket pelampung selama berada di kapal laut.

Ketahui denah kapal



Berlaku untuk Anda yang menaiki kapal berukuran besar, Anda wajib memahami denah kapal termasuk ruang-ruang penting yang terdapat di dalam kapal. Selain itu, ketahui juga tempat penyimpanan sekoci dan titik kumpul jika terjadi kecelakaan.

Berkumpul di dek saat terdapat peringatan



Menyesuaikan gaya gravitasi bumi dan gaya apung kapal, kapal yang tenggelam tidak akan langsung mengalami karam. Saat terjadi kecelakaan, kapal akan tenggelam dalam beberapa waktu sehingga Anda tidak diharuskan untuk langsung meloncat. Sebaiknya, ikuti instruksi dari kru kapal dan naik ke bagian kapal paling tinggi seperti dek.

Tinggalkan barang yang tidak perlu



Saat terjadi kecelakaan kapal laut, utamakan untuk menyelamatkan diri sendiri dan orang-orang terdekat. Lupakan barang-barang yang tidak perlu karena dapat mengganggu keselamatan. Pastikan segera menggunakan jaket keselamatan dengan baik dan benar dan ikuti panduan kru kapal.

Tetap bersikap tenang



Sewaktu mengalami kecelakaan, tetaplah bersikap tenang. Hindari perasaan panik dengan menarik nafas dalam-dalam karena panik bisa membuat Anda tidak berpikir panjang dan berpotensi membuatmu mengalami bahaya yang jauh lebih besar.

Lakukan teknik melompat secara benar



Melompat adalah opsi terakhir saat mengalami kecelakaan kapal laut. Jika Anda diharuskan melompat, pastikan tetap mengenakan sepatu dan pilih posisi paling pas agar tidak mendarat di atas benda berbahaya ataupun orang lain.

Untuk posisi melompat yang benar, letakan salah satu lengan di perut Anda, lalu genggam siku yang satunya. Gunakan juga tangan yang lain untuk menutup hidung kemudian melompat sejauh mungkin dari kapal. Saat terjatuh, silangkan kaki Anda dan masuklah ke dalam air dengan posisi telapak kaki terlebih dulu.

Menjauh dari kapal



Kapal berukuran besar cenderung memberikan efek menghisap semua benda yang tenggelam. Jika Anda menaiki kapal berukuran besar, pastikan untuk segera menyingir sejauh mungkin supaya tidak tersedot kapal yang karam meskipun sudah menggunakan jaket keselamatan.

Bertahan di atas air



Setelah Anda melompat keluar dari kapal, usahakan untuk bertahan selama mungkin di atas air memanfaatkan alat keselamatan yang ada. Anda bisa bertahan dengan cara mengapung dan mengikuti arus laut karena melawan arus sangatlah susah dan memerlukan tenaga besar. Selain itu, hindari meminum air laut karena bisa menyebabkan penyakit dan mempersulit situasi.

Lakukan teknik mengapung



Untuk Anda yang berencana melakukan perjalanan dengan kapal laut, berlatihlah dari sekarang. Setidaknya, latih diri Anda untuk mempelajari teknik mengapung karena trik ini terbukti sukses menyelamatkan banyak orang yang mengalami kecelakaan kapal laut.

Jika tidak mendapatkan jaket pelampung, Anda bisa menggunakan benda lain seperti kantung plastik berisi udara. Jangan lupa, pastikan bahwa setiap jaket pelampung sudah dilengkapi peluit untuk menginformasikan keberadaan Anda pada tim SAR.

Sebelum menaiki kapal laut, pastikan Anda mengetahui tips di atas sehingga bisa menangani hal-hal darurat secara efisien tanpa panik. Selalu utamakan keselamatan selama di perjalanan. ***

Bagikan: