Pikiran Rakyat
USD Jual 14.048,00 Beli 14.146,00 | Cerah berawan, 31.2 ° C

Peserta Aksi Bela Palestina Berangsur Bubarkan Diri

Siska Nirmala Puspitasari
Bela Palestina.*
Bela Palestina.*

JAKARTA, (PR).- Setelah enam jam melakukan aksi bela palestina di sejumlah titik, Minggu, 17 Desember 2017, para peserta mulai berangsur membubarkan diri. Seperti dilaporkan Kantor Berita Antara, puluhan ribuan orang bergerak menjauhi kawasan Monas.

Kerumunan massa terbagi di beberapa titik. Di antaranya tepat di pertigaan di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat, ada yang menuju ke arah Tugu Tani, maupun ke arah Gambir dan Masjid Istiqlal.

Kerumunan peserta yang memadati jalan Medan Merdeka Utara tersebut mengakibatkan arus lalu lintas di ruas tersebut macet total, terutama lajur yang menuju arah Tugu Tani, sementara belum terlihat petugas kepolisian atau instansi terkait yang mengurai kepadatan lalu lintas tersebut.

Puluhan ribu warga dari berbagai organisasi berkumpul di Monas dalam "Aksi Bela Palestina" untuk memberi dukungan mereka terhadap negara tersebut. Aksi ini turut dihadiri para pemimpin organisasi Islam antara lain Abdullah Gymnastiar, Jimly Asshidiqie dan Ketua MPR Zulkifli Hasan.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma'ruf Amin mengajak umat muslim di Indonesia untuk membela Palestina, menyusul ucapan Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang secara sepihak mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

"Kita betul-betul merasa tersakiti dengann ungkapan Trump bahwa Yerusalem ibu kota Israel. Kita tolak!" kata Ma'ruf Amin saat berorasi di aksi bela Palestina di Monas, Minggu, 17 Desember 2017, seperti dilansir Kantor Berita Antara.

Dalam orasinya, Ma'ruf Amin menyatakan dukungannya terhadap Palestina merdeka dan berdaulat, serta Yerusalem Timur sebagai ibu kota Palestina.

Dalam aksi tersebut,MUI memprakarsai penandatangan petisi-petisi sebagai sikap untuk menentang keputusan sepihak Donald Trump.

Ketua Komisi Dakwah MUI KH Cholil Nafis menargetkan acara akan selesai sebelum Salat Dzuhur atau sekitar pukul 12.00 WIB.***

Bagikan: