Pikiran Rakyat
USD Jual 14.031,00 Beli 14.129,00 | Sedikit awan, 23.3 ° C

Jokowi akan Terbitkan Perpres agar Kepala Daerah Terhindar OTT

Muhammad Ashari
Kepala daerah berkumpul untuk mendengarkan arahan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Selasa, 24 Oktober 2017.
Kepala daerah berkumpul untuk mendengarkan arahan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Selasa, 24 Oktober 2017.

JAKARTA, (PR).- Presiden Joko Widodo menyampaikan arahan-arahannya kepada kepala daerah di Istana Negara, Selasa, 24 Oktober 2017. Salah satu hal yang dibahas adalah tentang menerbitkan peraturan presiden yang akan menjadi pegangan kepala daerah agar tidak takut adanya Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi. 

Jokowi tidak mengungkapkan waktu persisnya kapan perpres itu akan dikeluarkan. Menurut dia, perpres yang tengah disiapkan itu pada intinya tentang membangun tata kelola anggaran secara elektronik semacam e-planning, e-budgeting dan e-procurement. 

Jokowi mengungkapkan keyakinannya bahwa kepala daerah yang terkena OTT akan berkurang bila tata kelola semacam transparansi anggaran itu diterapkan. "Kalau sistem ini berjalan, tidak ada yang namanya OTT," kata dia. 

Namun demikian, Jokowi mengimbau kepala daerah agar hati-hati dalam mengelola anggaran. Dia menekankan kepada kepala daerah yang hadir saat itu agar tidak main-main bila menyangkut masalah uang, terutama APBD. 

"Saya tidak bisa bilang 'jangan' kepada KPK. Tidak bisa. Waktu saya hanya ini, membangun sistem. Dan sistem ini kita bangun bersama-sama," tuturnya.***

 

Bagikan: