Pikiran Rakyat
USD Jual 14.095,00 Beli 14.193,00 | Umumnya berawan, 20.5 ° C

Bahas Kemiskinan dengan APPSI, Ahmad Heryawan ke Medan

Novianti Nurulliah
Workshop Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) tentang pengentasan kemiskinan di Hotel Shantika Premiere Dyandra, Jalan Kapten Maulana Lubis, Kota Medan‎, Rabu 20 September 2017.*
Workshop Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) tentang pengentasan kemiskinan di Hotel Shantika Premiere Dyandra, Jalan Kapten Maulana Lubis, Kota Medan‎, Rabu 20 September 2017.*

MEDAN,(PR).- Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menghadiri workshop Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia atau APPSI. Acara ini mengangkat tema tentang pengentasan kemiskinan dan digelar di Hotel Shantika Premiere Dyandra, Jalan Kapten Maulana Lubis, Kota Medan‎, Sumatera Utara, Rabu 20 September 2017. Pada pertemuan tersebut seluruh kepala daerah provinsi di Indonesia akan sama-sama merumuskan program pengentasan kemiskinan.

Kepala ‎Dinas Sosial Jabar Arifin Harun Kertasaputra ikut serta menghadiri acara itu. Dia mengatakan dalam kegiatan tersebut Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan melakukan kolaborasi program-program kemiskinan ala Jawa Barat dengan provinsi lainnya.

"Kita akan kombinasikan apa yang dikerjakan di Jawa Barat, dan kami ingin tahu apa yang dikerjakan mereka. Mudah-mudahan ini jadi rumusan atau pola pengentasan kemiskinan," tutur Arifin.

Sementara itu, dia menuturkan berdasarkan Basis Data Terpadu (BDT) yang dirilis Kementrian Sosial tahun 2017, jumlah penduduk miskin di Jawa Barat mencapai sekitar 13 juta orang. Jumlah tersebut saat ini tengah di verifikasi pemerintah kota dan kabupaten untuk kemudian dilaporkan kembali kepada pemerintah pusat.

Arifin mengatakan jumlah yang dikeluarkan basis data terpadu tersebut pun dibagi dalam empat desil. Desil pertama merupakan 10 persen penduduk dari jumlah terendah yang wajib pemerintah berikan perlindungan sosial. Sementara desil dua merupakan 20 persen dari jumlah terendah yaitu masa transisi, sisanya merupakan desil tiga dan empat.

Menurut Arifin, Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah memiliki sejumlah program pengentasan kemiskinan di Jabar ‎seperti program keluarga harapan (PKH),  beras sejahtera (rastra), Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM), Kelompok Usaha Bersama (Kube), dan Kelompok Usaha Ekonomi Produktif (KUEP).

Sementara itu, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara sudah siap menjadi tuan rumah rapat pengurus Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia. Dilansir dari Kantor Berita Antara, Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provinsi Sumut Ilyas S Sitorus mengatakan, terpilihnya Sumut sebagai penyelenggaraan rapat pengurus APPSI merupakan hal yang positif dan menguntungkan.

"Sumut bisa mempromosikan semua potensi daerah khususnya menyangkut pariwisata dan bisnis kuliner," katanya. Dia mengatakan, saat ini, Pemprov Sumut sedang berupaya menjadi tuan rumah kegiatan berskala nasional agar semakin dikenal sehingga bisa mendorong perekonomian.***

Bagikan: