Pikiran Rakyat
USD Jual 14.031,00 Beli 14.129,00 | Sebagian berawan, 20.1 ° C

Petugas Ibadah Haji Indonesia Telah Bertolak ke Arab Saudi

Muhammad Ashari

JAKARTA, (PR).- Petugas persiapan ibadah haji telah bertolak ke Arab Saudi untuk mempersiapkan kedatangan jemaah haji kloter pertama. Kedatangan jemaah haji kloter pertama adalah pada 28 Juli 2017. 

Menteri Agama Lukman Hakim Sjaifuddin tidak menyebutkan angka pasti berapa petugas persiapan yang berangkat. Akan tetapi, dia menyebutkan, jumlahnya mencapai ratusan. 

"Ini adalah tim advance yang akan menyiapkan segala sesuatunya yang terkait dengan kedatangan jemaah haji kita yang pertama," katanya di Istana Kepresidenan, Senin, 24 Juli 2017. 

Menurutnya, ada 10 embarkasi dalam kloter pertama yang akan menerbangkan jemaah haji asal Indonesia secara serentak dan simultan. Setelah keberangkatan pertama pada 28 Juli 2017, katanya, setiap hari secara berangsur-angsur, sesuai dengan kloternya masing-masing, seluruh jemaah akan berangkat. 

Visa selesai



Adapun mengenai visa, katanya, sudah seluruhnya tuntas untuk para jemaah haji kloter pertama. Visa sudah diselesaikan sejak 2 hari lalu. 

"Sekarang kami sedang fokus menyelesaikan gelombang kedua. Gelombang kedua nanti akan mendarat di Jeddah pada saat menjelang wukuf di arafah," katanya. 

Menurut Lukman, pihaknya telah memperkirakan bahwa pembuatan visa untuk seluruh jemaah haji kloter kedua bisa diselesaikan tepat waktu. Pasalnya, sejauh ini tidak ada kendala berarti. 

Menyinggung soal fasilitas haji, Lukman mengatakan, fasilitas haji di Saudi Arabia nyaris 100 persen siap. Katering, transportasi darat, hotel, termasuk tenda di Arafah dan Mina dikatakannya sudah siap. 

Kementerian Agama Jawa Barat telah menentukan pembagian kloter haji Jabar 2017. Penentuan itu dilakukan dengan cara diundi yang dilakukan di Prama Grand Preanger Hotel, Jumat 21 April 2017.

Jemaah calon haji Kabupaten Cianjur mendapat kehormatan untuk menjadi kelompok terbang (kloter) satu Jawa Barat dalam musim haji 1438 H/2017 yang akan mulai diberangkatkan pada akhir Juli 2017 mendatang. Rencananya, jemaah haji Jawa Barat terbagi dalam 96 kloter dengan 79 kloter utuh dan 17 kloter gabungan.

Kepastian jemaah calhaj Kabupaten Cianjur menjadi urutan pertama pada kloter haji Jabar 2017 itu setelah Kepala Kanwil Kemenag Jabar, A. Buchori, mengambil undian di dalam sebuah toples. "Selain di kloter 1, maka calhaj Kabupaten Cianjur sebanyak 404 orang akan juga terbang dengan kloter 35," kata Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Jabar, Ajam Mustajam.***

Bagikan: