Pikiran Rakyat
USD Jual 13.896,00 Beli 13.994,00 | Sedikit awan, 19.5 ° C

Banyuwangi Fokus Kembangkan Destinasi Wisata Baru

Satrio Widianto
JAKARTA, (PR).- Banyuwangi pada tahun 2017 ini akan fokus untuk mengembangkan destinasi baru wisata, yakni pantai khusus wanita dan keluarga yakni club beach for woman. Alasannya, untuk berwisata khususnya wanita dan keluarga, 5 kali lebih tinggi dibanding dengan wisatawan secara individu.

"Kami akan fokus untuk mengembangkan destinasi baru wisata yakni pantai khusus wanita dan keluarga yakni club beach for woman. Segmen ini kami sasar karena berdasarkan data, wanita dan keluarga yang melakukan wisata 5 kali lebih tinggi dari yang beriwsata secara induvidu," kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dalam acara launching Banyuwangi Festival (B-Fest) 2017 di Jakarta, Jumat 3 Februari 2017.

Dikatakan, pantai yang terletak di Pulau Santen yang memiliki panjang 1 kilometer (km), akan diberi nama Pantai Bidadari. Selain itu akan ada kolam renang khusus perempuan yang biasa memakai hijab.

Menyinggung tentang B-Fest, Anas mengatakan, B-Fest tidak hanya untuk mempromosikan pariwisata, namun juga untuk memaksimalkan potensi daerah dan memberikan semangat ke masyarakat untuk bersama-sama membangun daerah. Selain itu, juga sebagai wadah untuk menampung potensi kreativitas anak muda.

“B-Fest kami hadirkan tiap tahun ibarat rangkuman bagi segenap potensi Banyuwangi, mulai seni dan budaya, kekayaan alam, dan kreativitas rakyat. Termasuk, event dan kreasi baru juga akan kami sajikan. Tahun ini bakal lebih kaya kandungan budaya dan potensi kreativitas masyarakat," kata Azwar Anas.

Dikatakan, B-Fest 2017 ini akan mengelar 72 event, atau meningkat dari tahun lalu yang hanya 52 event. Dikatakan, dengan adanya event ini jumlah wisatawan ke Banyuwangi akan meningkat.

Pada 2010 jumlah wisatawan mancanegara (wisman) hanya 5.000 orang, namun pada 2016 jumlah wisman mencapai 80 ribu orang. Sedangkan, jumlah wisatawan nusantara (wisnus) pada 2010 mencapai 7.500 orang namun pada 2016 sudah mencapai 3,2 juta orang. Untuk 2017 ini jumlah wisman diperkirakan akan mencapai 100 ribu orang, sedangkan jumlah wisnus mencapai 3,5 juta orang.,***
Bagikan: