Pikiran Rakyat
USD Jual 14.280,00 Beli 14.182,00 | Sebagian berawan, 22.3 ° C

PPP Usulkan Penambahan 3 Kursi DPR RI

Sjafri Ali

JAKARTA, (PR).-  Partai Persatuan Pembangunan (PPP)  mengusulkan adanya penambahan jumlah anggota DPR untuk pemilihan umum (pemilu) 2019, sekurang-kurangnya tiga kursi  untuk DPR RI (pusat). Hal itu sebagai  akibat penambahan provinsi Kalimantan Utara. yang  sekaligus penambahan daerah pemilihan.

“Memang kan ada provinsi baru Kaltara. PPP mengusulkan itu jangan mengurangi yang ada, tambah saja 3 kursi untuk pusat . Biasanya provinsi baru dengan penduduk sedikit kan 3,” tegas sekjen PPP Arsul Sani pada wartawan di Gedung DPR RI Jakarta, Senin, 23 Januari 2017.

Menurut Arsul, usulan tersebut sudah dimasukkan ke dalam daftar inventaris masalah (DIM) RUU Pemilu ke pemerintah. PPP juga mengusulkan ambang kursi caleg per dapil berkisar 3 sampai 10 kursi namun tetap dibagi secara proporsional per dapil.

“Prinsipnya proporsionalitasnya. Jangan ada harga kursi kemahalan, kemurahan. Tapi persoalannya ada provinsi yang penduduknya sedikit, kursinya tetap. Di sisi lain, wacana kenaikan dana bantuan untuk partai politik. Tapi, PPP tetap melihat kemampuan keuangan negara terlebih dahulu,” kata anggota Komisi III DPR RI itu.

Soal dana bantuan parpol menyesuaikan keuangan negara. PPP mengusulkan peningkatan, tapi tidak menunjukan angkanya mesti sekian, karena ketika KPK berinisiatif bahwa dana parpol berdasarkan hasil studi mereka itu setengahnya ditanggung negara PPP setuju. “Tapi yang penting transparansi dan akuntabilitasnya jelas,” ujarnya.***

Bagikan: