Pikiran Rakyat
USD Jual 14.644,00 Beli 14.546,00 | Cerah berawan, 27.6 ° C

Musim Liburan, PT KAI Tambah Jadwal KA Bandung-Jakarta

Dendi Sundayana
JAKARTA, (PR).- Pada musim liburan Natal dan tahun baru serta untuk mengatasi dampak pembatasan lalu lintas di tol Purbaleunyi akibat pergeseran tiang jembatan Cisomang, PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) menambah enam rangkaian kereta api jalur Bandung-Jakarta.

Direktur Komersial PT KAI Kuncoro Wibowo mengungkapkan, PT KAI mendapat permintaan besar dari sejumlah pihak agar menambah armada kereta jurusan Jakarta ke Bandung, pada libur Natal 2016 dan Tahun Baru 2017.

Permintaan itu disebabkan jembatan Cisomang di tol Purbaleunyi, Purwakarta, bergeser 57 cm, yang berdampak pada pembatasan jumlah kendaraan yang melintas.

"Jadi untuk hal itu, hari ini kami menambahkan perjalanan satu rangkaian kereta api untuk Jakarta-Bandung," ujarnya saat jumpa pers di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, sepeti dikutip dari detik.com, Minggu 25 Desember 2016.

Menurut Kuncoro, awalnya KAI hanya menyediakan 16 kereta api, tetapi ditambah satu rangkaian pada Minggu kemarin, jumlah yang tersedia dalam satu rangkaian sekitar 10.036 kursi. Itu di­berangkatkan dari Gambir setiap pukul 6.30 dan tiba di Bandung pukul 9.00.

"Kami akan maksimalkan lagi sampai Jumat depan sekitar empat rangkaian. Dari Jakarta maupun dari Bandung ke Jakarta. Totalnya jadi 20 rangkaian KA," ujarnya.

Jadwal keberangkatan perjalanan KA tambahan dari Stasiun Gambir, antara lain pukul, 6.30, 11.45, dan pukul 0.35. Sementara, jadwal keberangkatan KA tambahan dari Stasiun Bandung pukul 7.35, 11.00, dan pukul 20.55.

Sementara itu, Direktur Utama KAI Edi Sukmoro menambahkan, perjalanan KA tambahan Bandung-Jakarta ini sifatnya sementara hingga jembatan Cisomang bisa dilalui semua kendaraan.

"Harapan kami informasi ini langsung sampai ke masyarakat, sehingga bisa ber­aktivitas seperti biasa. Pembelian tiket KA sama, bisa online, contact center, channel external bisa. Kami siap untuk membantu, karena Cisomang yang boleh lewat hanya kendaraan golongan I," tuturnya.

Jumlah penumpang KA pada musim lebaran Natal dan Tahun Baru 2016/2017, tujuan Bandung meningkat 1,8% . Jika Tahun lalu PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengangkut sebesar 258.508 penumpang, Tahun ini 261.312 penumpang telah diangkut.***
Bagikan: