Pikiran Rakyat
USD Jual 14.370,00 Beli 14.070,00 | Umumnya cerah, 21.9 ° C

Ini Jalur Pengalihan Jembatan Cisomang Cipularang

Tia Dwitiani Komalasari

JAKARTA, (PR).- ‎Bergesernya pilar ke dua jembatan Cisomang Tol Purbaleunyi menyebabkan jalur tersebut hanya bisa dilalui kendaraan kecil atau Golongan I. Sementara untuk kendarann Golongn II sampai V dialihkan arus lalu lintasnya.

Berikut pengalihan arus lalu-lintas, untuk membatasi beban jembataan Cisomang : 

• Kendaraan dari arah Jakarta menuju Bandung keluar di Gerbang Tol Sadang (KM 75+200) atau Gerbang Tol Jatiluhur (KM 84+600) dan dapat masuk kembali ke jalan tol melalui Gerbang Tol Padalarang (KM 121+400).

• Kendaraan dari arah Bandung menuju Jakarta keluar Gerbang Tol Padalarang (KM 121+400) atau Gerbang Tol Cikamuning (KM 116+700) dan masuk kembali ke jalan tol melalui Gerbang Tol Sadang (KM 75+200) atau Gerbang Tol Jatiluhur (KM 84+600). 

Pembatasan lalu lintas di Jembatan Cisomang diberlakukan secara efektif mulai hari Jumat, Tanggal 23 Desember 2016 pukul 00.00 WIB sampai tiga bulan dan akan dievaluasi kembali secara periodik. Saat ini tengah dilakukan analisis desain dan penanganan jembatan oleh PT. Jasa Marga. ‎

‎Direktur Jenderal Bina Marga Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Arie Setiadi Moerwanto meminta Badan Pengatur Jalan Tol dan PT. Jasa Marga untuk segera melakukan monitoring pergerakan pilar-pilar Jembatan Cisomang, serta melaksanakan perkuatan terhadap struktur jembatan. Hal itu dilakukan untuk mencegah pergeseran lebih lanjut dan menjamin kapasitas struktur jembatan berada pada kondisi aman untuk pengguna lalu lintas.

"Kami juga meminta BPJT dan PT. Jasa Marga untuk menyiagakan petugas di jembatan tersebut agar apabila kondisi jembatan tidak aman, petugas tersebut segera menghentikan lalu lintas melewati jembatan,"ujarnya saat konferensi pers di Jakarta, Jumat, 23 Desember 2016.***

Bagikan: