Pikiran Rakyat
USD Jual 14.644,00 Beli 14.546,00 | Sebagian cerah, 23 ° C

PSI Resmi Berbadan Hukum

Muhammad Irfan
JAKARTA, (PR).- Partai Solidaritas Indonesia menjadi satu-satunya partai yang lolos verifikasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Menurut Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia, Yasonna Laoly, PSI telah memenuhi syarat dan ketentuan Undang-undang nomor 2 tahun 2011 tentang Partai Politik dan Peraturan Menteri Hukum dan HAM nomor 37 tahun 2015 tentang Tata Cara Pendaftaran Pendirian Badan Hukum, Perubahan AD/ART, serta Pergantian Kepengurusan Partai Politik.

"Dari hasil verifikasi hanya satu partai yang memenuhi syarat untuk berbadan hukum yaitu Partai Solidaritas Indonesia (PSI)," kata Yasonna Laoly di kantornya,Jumat, 7 Oktober 2016.

Selain PSI, sebelumnya Kemenkuham menerima empat partai lain yang ikut mendaftar untuk menjadi partai yang berbadan hukum. Badan hukum ini diperlukan untuk syarat mengikuti Pemilu. Empat partai tersebut yakni Partai Islam Damai Aman (Idaman), Partai Rakyat, Partai Rakyat Berdaulat dan Partai Kerja Rakyat Indonesia.

"Empat partai tersebut gagal dalam verifikasi administrasi dan faktual yang dilakukan oleh Kemenkum HAM," ucapnya.

Beberapa faktor yang meloloskan PSI untuk menjadi partai yang berbadan hukum di antaranya memiliki kepengurusan pada setiap provinsi dan memiliki sedikitnya 75 persen dari kabupaten/kota pada tiap provinsi. Selain itu PSI juga memenuhi 50 persen dari jumlah kecamatan pada kabupaten/kota tersebut.

"Aturan itu kan ada pada UU nomor 2 tahun 2011 tentang Partai Politik," ucapnya.

Adapun verifikasi yang dilakukan oleh Kemenkum HAM kepada lima partai tersebut dibagi menjadi dua tahapan yakni verifikasi administrasi dan faktual. Verifikasi administasi dilakukan pada 1 sampai 15 Agustus 2016 lalu dan verifikasi faktual pada 18 Agustus sampai 23 September 2016.

Meski demikian, PSI belum tentu bisa mengikuti Pemilu walaupun sudah berbadan hukum. Untuk syarat parpol yang mengikuti pemilu akan diatur oleh Komisi Pemilihan Umum nanti.

"Partai yang sudah berbadan hukum sebenarnya ada 72 partai ditambah satu sekarang PSI, jadi 73 partai. Untuk ikut Pemilu nanti syaratnya oleh KPU, ini hanya badan hukum saja," ucapnya.

Partai Solidaritas Indonesia adalah partai baru yang dibentuk oleh sejumlah tokoh muda dan beberapa di antaranya adalah mantan presenter. Beberapa tokoh partai ini di antaranya adalah Grace Natalie sebagai ketua Partai, Raja Juli Antoni sebagai Sekretaris Jenderal hingga Walikota Padang Panjang 2013-2018, Hendri Arnis dan dua mantan presenter berita televisi, Isyana Bagoes Oka dan Nova Rini.

Dalam menggaet kadernya, PSI memang melakukan pendekatan yang berbeda dengan menggunakan cara-cara kekinian. Sebagai contoh penggunaa tagar pada jejaring sosial seperti #Merdeka100Persen saat HUT RI ke 70 dan #KepoinPilkada saat Pilkada serentak pada Desember 2015 yang lalu. Untuk Musyawarah Kerja, mereka menggunakan istilah Kopi Darat Nasional (KopDarNas) yang pernah digelar 16 November 2015 lalu di Jakarta.***
Bagikan: