Pikiran Rakyat
USD Jual 14.095,00 Beli 14.193,00 | Umumnya cerah, 22.7 ° C

BPJS Ketenagakerjaan Permudah Pembayaran Iuran

Satrio Widianto
JAKARTA, (PR).- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan kian memperluas bagi para pekerja sebagai peserta dalam membayar iuran bulanannya. Kini pekerja informal (bukan penerima upah/BPU) bisa membayar iuran di gerai Indomaret, selain melalui Bank BTN dan Finnet.

Dengan kerja sama ini, para pekerja BPU seperti tukang ojeg, pedagang, sopir angkutan umum dapat lebih mudah membayar iuran. "Kami juga berharap kemudahan akses ini dapat memperluas kepesertaan," kata Direktur Perluasan Kepesertaan dan Hubungan Antarlembaga BPJS Ketenagakerjaan, Ilyas Lubis, di Jakarta, Selasa 30 Agustus 2016.

Hadir juga dalam kerjasama itu adalah Direktur Pembiayaan Komersial, Perbankan Digital, dan Distribusi Bank BTN, Catur Harto, Direktur Utama Finnet, Niam Dzikri, dan Direktur Pemasaran PT Indomarco Prismatama (Indomaret), Wiwiek Yusuf.

Sementara Yusuf menyatakan, penambahan layanan ini membantu pemerintah dalam memberikan akses kepada peserta BPJS-TK, khususnya di sektor informal untuk membayar iuran.

Peserta BPJS-TK diberikan waktu lebih panjang sehingga memberikan keleluasaan untuk membayar iuran di Indomaret terdekat dengan tempat tinggal peserta. Jumlah gerai Indomaret lebih dari 13.200 dan mudah ditemukan di daerah perumahan, gedung perkantoran, dan fasilitas umum.

Kerja sama itu memperluas jaringan pelayanan BPJS-TK di seluruh Indonesia yang sebelumnya telah mencapai 121 kantor cabang dan 203 kantor cabang perintis serta 211.517 kanal kerja sama dengan mitra strategis.

Terhitung akhir Juli 2016, Kepesertaan BPJS-TK telah mencapai 348.300 perusahaan dengan tenaga kerja aktif mencapai 19,92 juta pekerja, dari target 21,92 juta. Sementara klaim yang di bayarkan telah mencapai Rp 11,59 triliun dari sekitar 1,4 juta kasus.***
Bagikan: