Pikiran Rakyat
USD Jual 14.095,00 Beli 14.193,00 | Cerah berawan, 30.6 ° C

Bantuan Transprenter Diharapkan Tingkatkan Produktivitas Petani

Anwar Effendi
JEMBER, (PR).- Direktur Alat Mesin Pertanian (Dir Alsintan) Kementerian Pertanian Republik Indonesia Suprapti meninjau lahan milik kelompok tani Sinar Tani Dusun Tegal Gusi Desa Mayang Kec. Mayang, Minggu 24 Juli 2016.

Suprapti melihat langsung pola pendampingan TNI dalam hal ini Babinsa bersama PPL dalam upaya percepatan tanam, sebagai bagian dari kerja sama Kementerian Pertanian dan TNI dalam peningkatan produktivitas pertanian pada Program Ketahanan Pangan Nasional.

Pada kesempatan tersebut Suprapti mengontrol mesin tanam (Transprenter) milik Brigade Pertanian Kodim 0824 Jember yang berasal dari bantuan Kementerian Pertanian dikerahkan untuk mempercepat pola tanam petani.

Petani tampak antusias belajar menggunakan mesin tanam tersebut didampingi oleh Babinsa dan PPL serta petugas dari Dinas Pertanian yang disaksikan langsung oleh Suprapti, di lahan seluas 1,6 hektare.

Dalam wawancaranya Bu Suprapti menyatakan bahwa di Jember dengan cakupan lahan pertanian yang relatif luas ini diharapkan mengoptimalkan penggunaan mesin pertanian baik pada saat tanam seperti ini, pengolahan lahan dengan traktor, dan pemanenannya nantinya juga menggunakan mesen panen sehingga menambah daya efektifitas waktu dan biaya yang dikeluarkan petani.

Suprapti berharap dengan penggunaan alsintan ini petani akan mengurangi biaya produksi petani hingga 30 %, sehingga produktivitasnya akan meningkat yang diperuntukan pada kesejahteraan petani itu sendiri dan percepatan produksi dan bermuara pada peningkatan ketersediaan pangan utamanya padi atau beras.

Terkait dengan minimnya pemahaman teknis alat mesin pertanian, Suprapti menegaskan bahwa Babinsa maupun tenaga DHL dari Dinas Pertanian di daerah yang telah mengikuti pelatihan bisa menularkan ilmunya kepada yang lain sehingga operatornya semakin banyak.

Hadir pada kesempatan tersebut Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0824 Kapten Inf Sumaryono, Danramil 0824/08 Kapten Arm Fathulloh, Babinsa Ramil 0824/08 Mayang dan Koramil sekitar serta segenap kelompok tani yang ingin langsung melihat dan mempraktekkan peralatan tanam tersebut.***
Bagikan: