Pikiran Rakyat
USD Jual 14.095,00 Beli 14.193,00 | Umumnya cerah, 32.2 ° C

10 ABK yang Disandera Jalani Pemeriksaan Kesehatan

Anwar Effendi
JAKARTA, (PR).- Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi mengatakan 10 anak buah kapal (ABK) yang sebelumnya disandera oleh kelompok pemberontak Filipina, Abu Sayyaf, akan langsung menjalani pemeriksaan kesehatan di Jakarta.

Rumah sakit yang ditunjuk untuk melakukan pemeriksaan adalah RSPAD Gatot Subroto.

Retno Marsudi menyampaikan kepastian itu setelah 10 ABK WNI tiba di Halim Perdanakusuma, Jakarta, dengan pesawat carteran pada Minggu 1 Mei 2016 malam .

"Selanjutnya kesepuluh ABK WNI tersebut akan dibawa ke rumah sakit untuk dilakukan pengecekan kesehatan. Rumah sakit yang akan digunakan adalah Rumah Sakit Angkatan Darat Gatot Subroto," kata menteri luar negeri yang dikutip BBC.

"Jadi malam ini dan besok, semuanya akan tergantung pada situasi, akan dilakukan, sekali lagi, pemeriksaan kesehatan kepada 10 ABK tersebut," tambah Retno Marsudi dalam keterangan pers di Halim Perdanakusuma usai menyambut 10 ABK.

Dengan pembebasan 10 ABK ini, maka masih ada empat ABK warga negara Indonesia yang masih disandera oleh kelompok Abu Sayyaf yang berbasis di Filipina selatan.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo memastikan pembebasan 10 WNI itu. Dikatakan oleh presiden bahwa pembebasan 10 WNI dilakukan atas kerja sama berbagai pihak, terutama pemerintah Filipina.***
Bagikan: