Pikiran Rakyat
USD Jual 14.095,00 Beli 14.193,00 | Cerah berawan, 29.9 ° C

Korban Saipul Jamil Minta Perlindungan LPSK

Bambang Arifianto
JAKARTA, (PR).- Korban pelecehan seksual dengan tersangka artis Saipul Jamil mengajukan permohonan perlindungan kepada‎ Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). LPSK segera menindaklanjuti permohonan tersebut.

Permohonan perlindungan disampaikan ke LPSK, Kamis, 21 April 2016. "Permohonan perlindungan tersebut segera kami tindak lanjuti dengan melakukan penelaahan sesuai dengan aturan yang berlaku", ujar Wakil Ketua LPSK Edwin Partogi Pasaribu dalam keterangan tertulisnya.‎ Penelaahan dilakukan dalam rangka menghimpun informasi dan mengkonfirmasi pentingnya keterangan saksi korban maupun tingkat ancaman yang diterima korban. Hal tersebut sesuai dengan Undang -Undang Perlindungan Saksi dan Korban.

Hasil penelaahan akan digunakan untuk memutuskan apakah permohonan perlindungan ini diterima atau ditolak. "Selain mengkonfirmasi tingkat ancaman, LPSK juga akan melakukan assesment psikologis terhadap korban jika memang diperlukan", ucap Edwin. LPSK memastikan akan memberi perhatian kepada permohonan tersebut. Soalnya, tindak pidana seksual terhadap anak merupakan salah satu prioritas LPSK untuk dilindungi. Untuk itu, LPSK sangat membuka diri jika ada korban lain yang mengajukan permohonan. "Informasinya korban artis tersebut tidak hanya satu orang yang sudah melapor", tutur Edwin.

‎LPSK berharap agar identitas korban tetap terlindungi sehingga mencegah adanya viktimisasi ganda dari stigma yang diterima korban. "Media dan Masyarakat sangat berperan dalam memberikan dukungan dan perlindungan terhadap korban", kata Edwin.***
Bagikan: