Pikiran Rakyat
USD Jual 14.032,00 Beli 14.130,00 | Umumnya berawan, 30.1 ° C

Slank Bintangi Iklan Lawan Tuberkulosis

Catur Ratna Wulandari

JAKARTA, (PR).- Slank jadi bintang iklan layanan masyarakat pengobatan tuberkulosis (TB). TB merupakan satu dari lima penyebab utama kematian di Indonesia.

“Kita memperoleh informasi bahwa TB itu cepat menyebar di Indonesia, oleh sebab itu penting bagi Slank untuk bisa membantu menyebarkan pesan tentang pengobatan dan penganggulangan TB ini," kata Kaka, vokalis Slank, melalui siaran pers yang diterima PR, Kamis, 24 maret 2016.

Iklan layanan masyarakat ini diluncurkan bertepatan dengan peringatan hari tuberkulosis sedunia yang diperingati setiap tanggal 24 Maret di @America, Jakarta. Iklan ini merupakan hasil kerjasama antara Indonesia dan Amerika Serikat.

“Kami merasa bangga dapat mengatakan bahwa Amerika Serikat merupakan donor bilateral terbesar yang memberikan dukungan untuk program penanggulangan TB,” kata Duta besar AS untuk Indonesia Robert Blake.

Ia mengatakan, melalui Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) dan Global Fund untuk melawan AIDS, TB dan Malaria, Amerika Serikat bermitra dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk memastikan kualitas tes, pengobatan dan informasi TB tersedia luas. Iklan layanan masyarakat ini bagian dari kampanye TOSS TB (Temukan Obati Sampai Sembuh TB).

“Tes dan pengobatan TB tersedia secara gratis di rumah sakit umum dan puskesmas. Melalui kampanye TOSS TB, kami mendorong masyarakat yang terkena batuk selama lebih dari dua minggu untuk mendapatkan TB, perawatan dan pengobatannya. Kami juga berharap bahwa semakin banyak orang memiliki pengetahuan tentang TB dan gejala-gejalanya,” tutur Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan, Wiendra Waworuntu.

Di Indonesia, TB merupakan satu dari lima penyebab utama kematian. Sekitar 100.000 orang meninggal karena TB setiap tahunnya. Diperkirakan ada sekitar satu juta kasus baru TB per tahun. Setiap 30 detik, satu orang terinfeksi TB. Satu penderita TB dapat menginfeksi 15 orang setiap tahun jika tidak diobati.

Iklan layanan masyarakat ini bisa dilihat di https://youtu.be/OGvVGnOw4nI.***

Bagikan: