Pikiran Rakyat
USD Jual 14.260,00 Beli 14.162,00 | Sebagian cerah, 28 ° C

Perwira Menengah TNI Difasilitasi Sekolah Pascasarjana

Gita Pratiwi A
BANDUNG, (PR).- Perwira menengah lulusan Sesko TNI baik Angkatan Darat, Laut dan Udara dianjurkan minimal bergelar master. Oleh karena, para tentara dengan pangkat minimal kolonel itu akan menghadapi jabatan strategis ke depannya.

Menurut Komandan Sesko TNI, Agus Sutomo, pihaknya menindaklanjuti arahan Panglima TNI Gatot Nurmantyo. Bahwa selain telah menapaki jenjang pendidikan kemiliteran, para perwira pun mesti mendalami ilmu umum, minimal sekolah pascasarjana setelah lulus dari Sesko.

“Sesko itu setara dengan S1, maka untuk menghadapi segala tantangan, perwira harus belajar lagi. Minimal kuliah pascasarjana, bisa S3 jadi doktor. Menindaklanjuti arahan panglima, Sesko pun menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi terkenal di Indonesia, terutama yang akreditasi A dan B. Agar para perwira menengah bisa melanjutkan kuliah di sana,” kata Agus, usai kuliah umum di Aula Barat Kampus ITB, Rabu, 23 Maret 2016.

Pihaknya pun telah bekerjasama dengan tujuh perguruan tinggi, dan akan bertambah ke depannya. Seperti Universitas Andalas, Universitas Sumatera Utara, Universitas Brawijaya, Institut Teknologi Bandung, Universitas Pembangunan Nasional, dan Universitas Padjadjaran.

Perwira dapat memasuki jurusan Ilmu Manajemen, Ekonomi, Strategi, Pertahanan, Kedokteran dan lain-lain. Melalui MoU yang telah disepakati dua belah pihak, perwira dapat melanjutkan satuan kredit semester tersisa. Perguruan tinggi akan menghitung bobot keilmuan yang telah didapatkan dari Sesko untuk dikonversi pada SKS berkaitan di kampus. Jadi, perwira tinggal melanjutkan kuliah. Makanya, tidak lama berkuliah, perwira dapat lulus segera dengan gelar master.

Menurut Rektor ITB, Kadarsah Suryadi, kerjasama antar lembaganya dengan Sesko sudah berlangsung selama 30 tahun lebih. Pihaknya hanya tinggal melanjutkan.

“Lulusan terbanyak di jurusan penerbangan adalah perwira TNI, dan cum laude lagi lulusnya,” kata Kadarsah. Ia menyatakan, ITB pun menyeleksi lulusan Sesko untuk masuk jurusan pascasarjana. Jurusan favorit lainnya bagi perwira TNI ialah Teknik Industri, Penerbangan, Elektro, Mesin, Informatika, Perencanaan Wilayah Kota dan Kebijakan.***
Bagikan: