Pikiran Rakyat
USD Jual 13.896,00 Beli 13.994,00 | Sebagian berawan, 18.8 ° C

Srikandi Indonesia (6)

INGGIT Garnasih.*
INGGIT Garnasih.*
DI tengah-tengah perjuangan pergerakan menuju kemerdekaan Indonesia, Inggit Garnasih terus mendampingi Soekarno dalam pertemuan, rapat, atau kongres ke berbagai kota di Pulau Jawa.
 
Kadang ikut rapat dan pertemuan di Jakarta, Yogyakarta, Solo, dan kota lainnya. Dalam berbagai pertemuan itu, Soekarno mengenalkan Inggit Garnasih sebagai “Srikandi Indonesia”. Bahkan, di depan para peserta Kongres Indonesia Raya di Surabaya tahun 1932, Soekarno menegaskan bahwa Inggit Garnasih adalah ”Srikandi Indonesia”.
 
Walau ada berbagai kegiatan, pergi ke berbagai kota di Pulau Jawa mendampingi Soekarno atau menerima tamu-tamu kaum pergerakan di Bandung, Inggit tetap tidak meninggalkan produk rumahannya, membuat bedak dan jamu. Bahkan, menurut Inggit, pesanan dan pelanggannya semakin banyak.
 
Ada pula yang menawarkan untuk menjadi agen berbagai produk walau dalam skala kecil. Ketika Soekarno masuk penjara akhir tahun 1929, Inggit berjuang sendiri untuk kehidupannya sehari-hari. Dalam kegiatannya sehari-hari, Inggit didampingi putri angkatnya, Omi. (Syafik Umar/A-209)***
 
Bagikan: