Pikiran Rakyat
USD Jual 13.896,00 Beli 13.994,00 | Langit umumnya cerah, 19.4 ° C

Paku Alam X Aktif di Berbagai Organisasi

Wilujeng Kharisma
YOGYAKARTA, (PRLM).- Prabu Suryodilogo lahir pada Sabtu Kliwon 15 Desember 1962 atau 18 Rejeb 1894 di Yogyakarta. Nama kecil yang diberikan adalah Raden Mas Wijoseno Hario Bimo. Dia adalah anak tertua Paku Alam IX dengan G.K.B.R.Ay. A Paku Alam IX.

Raden Mas Wijoseno Hario Bimo menyelesaikan pendidikan Sekolah Dasar B II Jakarta pada 1975. Setelah lulus ia melanjutkan ke Sekolah Menengah Pertama XI Jakarta pada 1979 dan Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Teladan Yogyakarta pada 1989.

Dia lalu masuk ke Jurusan Ekonomi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta. Ia menyelesaikan pendidikannya pada tahun 1989. Tak hanya soal akademis, Raden Mas Wijoseno Hario Bimo juga aktif di sejumlah paguyuban dan organisasi sosial, budaya, dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Pada saat pelaksanaan jumeneng Paku Alam X pun dihadiri beberapa raja dari beberapa daerah dan tokoh nasional. Terlihat keluarga Kesultanan Cirebon yang juga datang dalam Jumeneng. Sultan Kanoman Cirebon ke-12 datang bersama Pangeran Patih Keraton Kanoman Cirebon.

Selain itu beberapa menteri dan tokoh lainnya. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan terlihat mengajak putrinya dalam proses Jumeneng. Mantan Presiden Megawati pun terlihat hadir. Sampai Mantan Ketua Umum Muhammadiyah, Buya Syafii Maarif pun menaruh harapannya pada Paku Alam X yang baru dilantik dapat menjadi raja yang baik dan dekat dengan rakyat serta meneladani mendiang ayahnya Paku Alam IX.

"Yang baru orangnya cukup merakyat, saya cukup kenal baik dengan bapakanya beliau dua kali datang ke rumah saya, saya juga beberapa kali ke sini. Sekarang perlu tahta untuk rakyat diwujudkan," ujarnya.(Wilujeng Kharisma/A-147)***
Bagikan: