Pikiran Rakyat
USD Jual 14.095,00 Beli 14.193,00 | Sebagian cerah, 28.2 ° C

Misteri Kupu-Kupu Hitam di Gunung Lawu

Anwar Effendi
MAGETAN, (PRLM).- Tidak hanya pemandangan alam yang indah, Gunung Lawu juga dikenal karena cerita mistis. Salah satunya misteri kupu-kupu hitam.
 
Salah seorang pemilik warung di sekitar pos pendakian Cemoro Kandang Gunung Lawu, Sardi menceritakan misteri kupu-kupu hitam tersebut. Menurutnya, kupu-kupu tersebut berbeda dari yang mungkin dijumpai pendaki saat menuju puncak Gunung Lawu.
 
"Kupu-kupu-nya berwarna hitam. Namun, di tengah kedua sayapnya terdapat bulatan besar berwarna biru yang mengkilap," ujarnya
 
Lebih lanjut, Sardi mengatakan, kemunculan kupu-kupu hitam tersebut juga berbau mistis. Menurutnya, kemunculan kupu-kupu hitam di Gunung Lawu merupakan suatu pertanda bagi pendaki.
 
"Katanya, jika melakukan pendakian melihat kupu-kupu dengan ciri-ciri seperti itu adalah pertanda kehadiran pendaki diterima baik oleh penjaga Gunung Lawu. Karena itu, jangan pernah mengganggu dan membunuhnya," tutur Sardi.
 
Gunung Lawu memang diyakini dijaga oleh makhluk halus yang merupakan jelmaan abdi setia Prabu Brawijaya V yang melarikan diri ke puncaknya. Dua abdi setia Prabu Brawijaya V tersebut adalah Ki Sabdapalon dan Kyai Jalak Lawu.(okz/A-147)***
 
 
 
 
 
Bagikan: