Pikiran Rakyat
USD Jual 14.095,00 Beli 14.193,00 | Langit umumnya cerah, 26.2 ° C

Solidaritas Merupakan Fondasi Kebersamaan

Miradin Syahbana Rizky
KETUA Panitia Denny Jaya Abriyani (Kerudung), Lurah Gondangdia (tengah berpeci) serta Ketua RW Roni Wongkar (kiri lurah) dan panitia yang lainnya.*
KETUA Panitia Denny Jaya Abriyani (Kerudung), Lurah Gondangdia (tengah berpeci) serta Ketua RW Roni Wongkar (kiri lurah) dan panitia yang lainnya.*
JAKARTA, (PRLM).- Relawan Merah Putih (RMP) terus berbakti kepada sesama di setiap momentum. Kali ini dengan momentum Hari Raya Iduladha, setelah sebelumnya banyak kegiatan yang dilakukan,‎ RMP menggelar salat Iduladha dan ibadah kurban.

Bertempat di Lahan Parkir Rumah Sakit Bunda, tepat di samping kantor RMP di Jalan Cik Ditiro‎, Menteng, Jakarta Pusat, salat Id digelar. Khatib salat Id adalah DR. Muhammad Faisal Hamdani, dengan imam Chandra. Lapangan cukup penuh dengan jamaah.

Ketua Panitia Shalat Iduladha dan Kurban RMP, Denny Jaya Abriyani, mengatakan bahwa kegiatan ini bagian dari program berbagi RMP. RMP selalu memastikan ikut berpartispasi dalam membantu pemerintah, khususnya terkait dengan pemberdayaan masyarakat yang kurang mampu. Selain itu, RMP juga selalu menebar empati kepada sesama sebagai wujud dari gotong royong.

"Semoga kita bisa meneladani Nabi Ibrahim. Nabi Ibrahim mengajarkan bahwa Tauhid, atau keyakinan dan imam pada Tuhan, harus berdampak secara sosial pada masyarakat," ungkap Denny di Jalan Cik Ditiro Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (24/9/2015) melalui siaran pers yang diterima "PR" online.

Denny menjelaskan bahwa kurban yang dipotong adalah seekor sapi dan empat ekor domba. ‎Hewan kurban ini berasal dari hasil gotong royong kader-kader RMP, dan akan dibagikan kepada warga yang sebelumnya sudah dibagi kupon sehingga pembagian berjalan aman, lancar dan tertib. RMP sendiri adalah salah satu elemen pendukung utama Jokowi-JK dalam Pilpres 2014.

‎Ketua Umum RMP Maruarar Sirait menegaskan bahwa solidaritas merupakan sebuah keniscayaan. Solidaritas merupakan anjuran yang ada di setiap agama, dan juga menjadi pondasi kebersamaan dalam membangun keutuhan bangsa dan negara dalam bingkai bhinneka tunggal ika.

"Kita mau laksanakan nilai-nilai berbagi pada sesama, yang juga merupakan implementasi dari gotong royong dalam sebuah masyarakat. Kita harus memberi contoh dan keteladanan dalam mensosialiasikan gotong royong, yang merupakan wujud bahkan intisari dari Pancasila," ungkap Maruarar, yang sebelumnya juga berbagi dengan warga Kampung Pulo.

‎Sementara itu, Lurah Gondangdia Menteng, Muhammad Harri Ananda, yang hadir saat pemotongan hewan kurban, sangat mengapresiasi kegiatan RMP ini. Ini merupakan kegiatan yang sangat positif‎ dan benar-benar sangat bermanfaat bagi masyarakat.

"Saya sangat mendukung kegiatan ini. Artinya, semua orang berhak berkurban, baik dari pribadi, swasta, atau relawan. Ini sangat luar biasa, apalagi hubungan RMP dengam kelurahan juga sangat baik. Kami selalu berkoordinasi," kata Hari.

Hal senada disampaikan Ketua RW 02 Gondangdia, Roni Wongkar. Mewakili warga ia mengucapkan terimakasih kepada RMP yang mau bergaul, berkoordinasi dan berbagi dengan warga sekitar.

"RMP benar-benar menjadi contoh dalam berpartisipasi memberdayakan warga. Semoga kegiatan ini berlanjut dari tahun ke tahun. Apalagi pimpinan RMP, Pak Maruarar Sirait, sangat akrab dan berkomunikasi baik dengan warga disini. Kami selalu berkoordinasi bila ada kegiatan untuk masyarakat," ujar Roni.

Hal senada disampaikan Ketua RT 09 Nano Sukatno dan Ketua RT 10 Murad Mulyadi. Bagi Nano, RMP ini luar biasa dan warga sangat berterimakasih. Ia berharap acara shalat idul adha dan kurban ini dilakukan tiap tahun. "RMP perhatian sama warga sekitar, dan sangat peduli," tutur Murad. (Miradin Syahbana Rizky)***
Bagikan: