Pikiran Rakyat
USD Jual 14.116,00 Beli 14.214,00 | Badai petir, 27.5 ° C

Batik Meriahkan Bazaar Diplomatik di Yordania

Huminca Sinaga
KBRI Amman mempromosikan batik Indonesia pada acara tahunan Bazaar Diplomatik Internasional ke-55 yang diselenggarakan salah satu organisasi kemanusiaan naungan Putri Basmah bin Talal, Kerajaan Yordania. */DOK KBRI YORDANIA
KBRI Amman mempromosikan batik Indonesia pada acara tahunan Bazaar Diplomatik Internasional ke-55 yang diselenggarakan salah satu organisasi kemanusiaan naungan Putri Basmah bin Talal, Kerajaan Yordania. */DOK KBRI YORDANIA

AMMAN, (PR).- Memeriahkan “Hari Batik Nasional” pada tanggal 2 Oktober, KBRI Amman mempromosikan batik Indonesia pada acara tahunan Bazaar Diplomatik Internasional ke-55 yang diselenggarakan salah satu organisasi kemanusiaan naungan Putri Basmah bin Talal, Kerajaan Yordania. 

Melansir siaran pers KBRI Yordania yang diterima Pikiran Rakyat, Minggu, 6 Oktober 2019, sebanyak lebih dari 30 perwakilan negara-negara sahabat di Yordania turut serta berpartisipasi menampilkan barang-barang dan makanan khas negaranya.

KBRI Amman membuka gerai yang menampilkan berbagai macam kerajinan tangan dan pakaian bermotif batik, serta meja terpisah yang menyajikan makanan khas Indonesia, yaitu mie goreng, sate ayam, dan bakwan atau bala-bala.

Pojok Indonesia menjadi salah satu gerai yang  paling ramai dikunjungi sekitar 2.000 pengunjung yang berasal dari berbagai negara, termasuk warga Yordania.

"Batik telah menjadi kekayaan bangsa  yang telah diakui UNESCO sebagai warisan dunia, oleh karenanya KBRI Amman terus mempromosikan batik di Yordania", seperti disampaikan Dubes RI Amman, Andy Rachmianto.   

Yordania kagum

Putri Basmah binti Talal, yang mewakili Raja Yordania dalam acara tersebut, memberi apresiasi kepada KBRI Amman  yang turut memeriahkan bazar diplomatik dengan tema Batik. Ketertarikan  Putri Basmah terhadap kain batik Indonesia dibuktikannya dengan memborong  sejumlah pakaian batik dan kerajinan tangan koleksi KBRI Amman.

"Saya sangat mengagumi  Batik Indonesia, selain karena motifnya yang beragam, saya sangat  mengapresiasi proses pembuatan batik yang memerlukan kesabaran dan ketekunan", sebagaimana disampaikan Putri Basmah.

Sejak dua tahun terakhir motif  batik Indonesia semakin dikenal secara luas oleh masyarakat  Yordania. Hal tersebut merupakan hasil dari upaya KBRI Amman yang terus mempromosikan batik di Yordania di berbagai kesempatan.

"Sepanjang tahun 2019, KBRI Amman terus meningkatkan  promosi budaya Indonesia di Yordania, khususnya seni batik. Bentuk promosi batik yang dilakukan KBRI Amman antara lain dalam bentuk fashion show, pameran, serta praktik membatik yang dilakukan di pusat perbelanjaan terbesar di Amman", lanjut Dubes Andy.***

Bagikan: