Pikiran Rakyat
USD Jual 14.012,00 Beli 14.110,00 | Sedikit awan, 23.4 ° C

Baru Umumkan Pembicaraan dengan AS, Korut Kembali Tembakkan Rudal

Tim Pikiran Rakyat
ILUSTRASI rudal Korut.*/REUTERS
ILUSTRASI rudal Korut.*/REUTERS

SEOUL (PR).- Korea Utara menembakkan lagi setidaknya satu proyektil rudal pada Rabu, 2 Oktober 2019 waktu setempat. Menurut pejabat militer Korea Selatan dan Jepang, itu hanya terjadi sehari setelah Korea Utara mengumumkan bersedia menggelar pembicaraan dengan Amerika Serikat akhir pekan ini.

Kepala Staf Gabungan Korsel (JCS) mengatakan Korut meluncurkan proyektil rahasia pada Rabu pagi dari sekitar Wonsan, di tenggara Provinsi Kangwon. Demikian dilaporkan Reuters melalui Kantor Berita Antara.

Penjaga Patroli Jepang menyatakan Korut meluncurkan benda seperti sebuah rudal. Patroli Jepang juga meminta agar kapal-kapal memperhatikan informasi lebih lanjut dan tidak mendekat jika menemukan puing apapun.

Diduga, dua rudal diluncurkan masing-masing dalam hitungan menit dan rudal pertama jatuh di perairan Zona Ekonomi Ekslusif Jepang. Rudal pertama jatuh pada pukul 7:27 waktu setempat.

Aksi terbaru itu merupakan peluncuran kesembilan Korut sejak Presiden Amerika Serikat, Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un bertemu di Zona Demiliterisasi dengan penjagaan ketat yang memisahkan dua Korea pada Juni.

Peluncuran terjadi hanya sehari setelah Pyongyang mengumumkan pihaknya sepakat dengan Amerika Serikat untuk menggelar pembicaraan pada Sabtu. Kesepakatan ini sejatinya merupakan progres yang berpotensi memecahkan kebuntuan selama berbulan-bulan antara kedua negara.***

Bagikan: