Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Langit umumnya cerah, 20.4 ° C

Trade Expo Indonesia Menjaring Pebisnis Yordania

Huminca Sinaga
KBRI di Amman kembali selenggarakan kegiatan promosi perdagangan dan investasi.*/KBRI AMMAN
KBRI di Amman kembali selenggarakan kegiatan promosi perdagangan dan investasi.*/KBRI AMMAN

AMMAN, (PR).- KBRI di Amman kembali selenggarakan kegiatan promosi perdagangan dan investasi  untuk meningkatkan hubungan bisnis Indonesia dengan Yordania dan Palestina.

“Volume perdagangan RI-Yordania maupun RI-Palestina meskipun secara umum mengalami kenaikan dalam 2 tahun terakhir, tetapi  belum sepenuhnya mencerminkan potensi yang sesungguhnya. Sehingga masih diperlukan berbagai terobosan baru untuk meningkatkan volume perdagangan dan investasi di tahun-tahun mendatang," demikian tutur Dubes RI Andy Rachmianto pada acara “Business Dinner” di Hotel Intercontinental, Amman (12/9/2019) dalam siaran pers yang diterima Pikiran Rakyat, Jumat 13 September 2019.

Acara promosi ini merupakan inisiatif KBRI Amman untuk meningkatkan hubungan bisnis dengan negara akreditasi melalui diseminasi perkembangan ekonomi dan potensi Indonesia terkini. Acara juga dimanfaatkan sebagai forum dialog dengan para pelaku bisnis papan atas Yordania dan Palestina untuk mendorong hubungan ekonomi, perdagangan, pariwisata, dan investasi.

Secara khusus, Dubes Andy mengajak para pelaku usaha di kedua negara untuk hadir pada acara Trade Expo Indonesia (TEI) ke-34 yang akan diselenggarakan tanggal 16-20 Oktober 2019 di ICE BSD, Tangerang. 

"Pada TEI tahun 2018 lalu KBRI Amman memfasilitasi 45 Pebisnis asal Yordania dan 5 pebisnis asal Palestina, dan berhasil mencatat kesepakatan bisnis sebesar US$ 30,5 juta. Untuk tahun 2019 ini saya berharap angkanya bisa lebih besar," tegas Andy.

"Salah satu pengusaha asal Palestina bahkan berhasil memperoleh penghargaan Primaduta Awards dari Menlu RI. Hal ini menunjukkan Yordania dan Palestina merupakan mitra bisnis yang sangat prospektif bagi Indonesia," sambung Andy.

Kegiatan promosi bisnis dan diseminasi TEI mendapat sambutan hangat dari para pelaku usaha yang hadir. Sejumlah pebisnis menunjukkan antusiasme untuk hadir pada acara TEI mendatang dan mencari informasi lebih lanjut mengenai berbagai peluang bisnis di Indonesia. 

"Pengusaha Yordania umumnya lebih melirik kerja sama dengan negara-negara  Uni Eropa, Amerika Serikat dan Tiongkok. Namun kami tertarik untuk memanfaatkan  berbagai kemudahan yang diberikan pemerintah Indonesia kepada pengusaha asal Yordania dan Palestina untuk berbisnis di Indonesia”, ujar salah satu pengusaha asal Yordania.

Kegiatan promosi ekonomi dan investasi KBRI Amman melalui “Business Dinner” ini dihadiri oleh sekitar 150 pengusaha papan atas Yordania dan Palestina, termasuk sejumlah pimpinan Kamar Dagang dan Industri di Yordania dan Palestina, Presiden Asosiasi Bisnis, dan Asosiasi Persahabatan.***

Bagikan: