Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Umumnya berawan, 20.2 ° C

Gelar Kebudayaan di Kiev, Dekatkan Hubungan Ukrania dan Indonesia

Huminca Sinaga
TARI Pendet menyambut pembukaan Festival Indonesia 2019 oleh Diana Nazarko dan Marta-Maria Astafyeva, mahasiswi jurusan bahasa dan sastra Indonesia Universitas Nasional Kyiv Taras Shevchenko.*/ DOK. KBRI Kiev
TARI Pendet menyambut pembukaan Festival Indonesia 2019 oleh Diana Nazarko dan Marta-Maria Astafyeva, mahasiswi jurusan bahasa dan sastra Indonesia Universitas Nasional Kyiv Taras Shevchenko.*/ DOK. KBRI Kiev

KIEV, (PR).- KBRI Kiev kembali melakukan pagelaran budaya. Kali ini  dengan menghadirkan suasana Indonesia yang digelar dalam acara Festival Indonesia 2019 di pusat perbelanjaan Lavina Mall,  Kiev, ibu kota Ukraina pada 6 - 7 September 2019.

Seperti dilansir siaran pers KBRI Kiev yang diterima Pikiran Rakyat, Selasa 10 September 2019, selama dua hari berturut-turut masyarakat Kiev dan sekitarnya, pengunjung mal  terbesar di ibu kota ini sempat dikejutkan oleh pemandangan eksotis yang tidak biasa mereka temukan. Dalam hal ini, keragaman budaya sebuah negeri yang jaraknya ribuan kilometer kini hadir di depan mata mereka.

Menurut Ketua Pelaksana Kegiatan yang juga Pejabat Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya (Pensosbud) Gatot A. Djemirin, Festival Indonesia kali ini mempromosikan budaya sekaligus makanan tradisional Nusantara. Tujuannya, agar Indonesia semakin terkenal di Ukraina. Melalui Festival Indonesia, masyarakat Ukraina bisa melihat dan merasakan langsung budaya dan masakan Indonesia.

Festival tahunan ini juga diramaikan pagelaran tari dan fashion show para mahasiswi Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dari Universitas Nasional Taras Shevchenko.

Selain itu, tampil juga beberapa gadis Ukraina yang mahir membawakan tarian Indonesia seperti Maryna Kirilchuk yang membawakan tari Bajidor Kahot, Viktoria, Diana dan Marta-Maria membawakan tarian Bali seperti Pendet.

Hajatan yang digelar tanggal 6 - 7 September lalu sukses mengundang decak kagum pengunjung yang menonton. Terlebih acara diramaikan dengan parade busana tradisional Indonesia yang menampilkan busana batik tanah air, sajian penganan lokal Indonesia, hingga door prize.

Dalam sambutannya, Dubes RI untuk Ukraina Prof. Dr. Yuddy Chrisnandi menyampaikan bahwa Festival Indonesia ini merupakan sumbangsih KBRI Kiev bagi masyarakat Ukraina agar dapat melihat dari dekat          keragaman budaya Indonesia. Festival Indonesia dipersembahkan kepada masyarakat Ukraina agar dekat dengan Indonesia dan memiliki sosio kultur yang mirip dengan Indonesia.

 Dubes juga mengungkapkan kegiatan Festival Indonesia ini merupakan bagian dari serangkaian kegiatan peringatan hari Kemerdekaan RI yang ke-74 yang digelar KBRI Kiev. “Dengan adanya Festival Indonesia 2019 ini, diharapkan terjadi peningkatan bisnis dan budaya,” ujarnya.

Festival Indonesia ini merupakan rangkaian dari acara hari ulang tahun RI ke 74 yang telah dimulai sejak 17 Agustus lalu dengan adanya pameran foto resepsi diplomatik dan peresmian replika stupa Borobudur. KBRI Kiev juga mengadakan resepsi diplomatik di Georgia dan Armenia pada 27 dan 29 Agustus lalu. terlaksananya festival Indonesia ini merupakan sumbangsih KBRI di Kiev bagi masyarakat Ukraina agar bisa melihat keragaman budaya Indonesia dari dekat. ***

 

 

 

Bagikan: