Pikiran Rakyat
USD Jual 14.031,00 Beli 14.129,00 | Umumnya berawan, 26.1 ° C

Upacara Peringatan HUT ke-74 RI di London Berlangsung Khidmat

Ella Yuniaperdani
PROSESI pengibaran bendera merah putih dalam upacara peringatan hut ke-74 RI, di KBRI London, Sabtu 17 Agustus 2019 waktu setempat.*/ DOK. KBRI LONDON
PROSESI pengibaran bendera merah putih dalam upacara peringatan hut ke-74 RI, di KBRI London, Sabtu 17 Agustus 2019 waktu setempat.*/ DOK. KBRI LONDON

LONDON, (PR).- Sekitar 200 orang warga Indonesia di London Inggris menghadiri upacara peringatan HUT ke-74 Indonesia, Sabtu 17 Agustus 2019 waktu setempat. Duta Besar RI untuk Kerajaan Inggris merangkap Irlandia dan International Maritime Organization (IMO), Dr. Rizal Sukma bertindak sebagai pemimpin upacara yang diselenggarakan pukul 10.00 BST (British Summer Time), di halaman Wisma Nusantara, kediaman resmi Duta Besar RI London.

Komandan upacara, Mayor Pnb (Penerbang) Anwar Sovie, yang saat ini sedang menempuh studi Advanced Command and Staff Course 2019-2020 pada Defence Academy of United Kingdom di Shrivenham, Swindon, Inggris. Sementara Mayor Arm Suhendro Oktosatrio, yang tengah menempuh pendidikan doktor (S-3) pada University of Wales Trinity Saint David, Inggris bertindak sebagai perwira upacara. Upacara juga dihadiri sejumlah perwira TNI yang sedang menempuh studi di Inggris.

Berdasarkan siaran pers dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) London, upacara berjalan khidmat dan tertib, dimulai dengan penghormatan umum seluruh peserta upacara kepada inspektur upacara dilanjutkan laporan komandan upacara. Selanjutnya, prosesi pengibaran bendera merah putih oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang merupakan putra-putri dari staf KBRI London, Perwakilan BUMN/S dan Masyarakat Indonesia.

Pasukan Paskibra KBRI London yang terdiri dari 16 peserta tersebut sebelumnya telah berlatih sejak 16 Juli 2019, yang dilaksanakan oleh kantor Atase Pertahanan KBRI London di bawah pimpinan Atase Pertahanan Kolonel Czi Ranon Sugiman. Selama dua kali dalam seminggu, tim Paskibra KBRI London berlatih tanpa mengenal lelah bersama Asisten Atase Pertahanan Mayor Adm. Tito Tofani dengan dibantu Mbak Alti, staf senior Protokol Konsuler KBRI London.

Rangkaian acara berikutnya adalah mengenang detik-detik proklamasi dilanjutkan pembacaan teks proklamasi dan Undang-Undang Dasar 1945. Upacara ditutup dengan pembacaan doa dan laporan komandan upacara.

Setelah upacara, Dubes Rizal Sukma beserta Ibu Hana A. Satriyo melakukan pemotongan tumpeng  dan nyerahkannya kepada para beberapa warga masyarakat Indonesia di Inggris yang memiliki integritas baik dan banyak berkontribusi dalam kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh KBRI London. ***

Bagikan: