Pikiran Rakyat
USD Jual 14.317,00 Beli 14.219,00 | Sebagian berawan, 22.3 ° C

Marinir AS-Indonesia Latihan Militer Bersama

Huminca Sinaga
KORPS Marinir Amerika Serikat (U.S. Corps Marine) dan Korps Marinir TNI-AL mengikuti program pertukaran militer selama satu bulan di Jawa Timur dan di Marine Corps Base Hawaii (MCBH) di Kaneohe Bay di AS, yang berlangsung dari 6 hingga 29 Agustus 2019.*/KEDUBES AS
KORPS Marinir Amerika Serikat (U.S. Corps Marine) dan Korps Marinir TNI-AL mengikuti program pertukaran militer selama satu bulan di Jawa Timur dan di Marine Corps Base Hawaii (MCBH) di Kaneohe Bay di AS, yang berlangsung dari 6 hingga 29 Agustus 2019.*/KEDUBES AS

KANEOHE, (PR).- Korps Marinir Amerika Serikat (U.S. Corps Marine) dan Korps Marinir TNI-AL mengikuti program pertukaran militer selama satu bulan di Jawa Timur dan di Marine Corps Base Hawaii (MCBH) di Kaneohe Bay di AS, yang berlangsung dari 6 hingga 29 Agustus 2019.

Dalam program pertukaran ini, yang dirancang untuk mempererat kemitraan antarmiliter ini, AS dan Indonesia masing-masing mengirimkan satu peleton marinir untuk tinggal dan berlatih bersama di pangkalan militer di kedua negara. Melansir siaran pers Kedubes AS yang diterima Pikiran Rakyat, Selasa, 13 Agustus 2019, pelatihan tersebut menitikberatkan pada taktik level individu, tim, dan pasukan, juga bertahan hidup di hutan, latihan menembak langsung, serta aktivitas kebudayaan dan membangun tim.

Batalion ke-1 dari Resimen Marinir ke-3 AS akan menjadi tuan rumah bagi pasukan Korps Marinir TNI-AL yang berkunjung ke AS, dan akan mengirimkan satu peleton pasukan mereka ke Indonesia untuk mengikuti pelatihan.

Program pertukaran antar Korps Marinir ini meningkatkan kemampuan kedua belah pihak dan menunjukkan komitmen untuk bertukar informasi dan merespons krisis. Melalui latihan bersama seperti ini, Marinir dari kedua negara dapat belajar dari satu sama lain dan meningkatkan kemampuan mereka untuk bekerja sama di masa mendatang.

Pangkalan militer

Dilansir laman military.com, militer AS sendiri sudah lama memiliki pangkalan militer di Hawaii,  yang juga dikenal sebagai salah satu kawasan wisata terbaik dunia.  Pangkalan Korps Marinir Hawaii (MCBH) Kaneohe Bay dikenal sebagai K-Bay. Lokasinya berada di sisi Windahu Oahu di Semenanjung Mokapu, dan sekitar 32 kilometer dari timur laut dari Bandara Internasional Honolulu.

K-Bay adalah elemen Korps Marinir terbesar di Oahu. Instalasi militer besar lainnya adalah Camp H.M. Smith, yang lokasinya menghadap ke Pearl Harbor. 

Terkait Pearl Harbor yang berlokasi  di pulau Oahu, Hawaii, barat Honolulu, ibu kota Hawaii, pangkalan militer milik AS ini sangat terkenal di dunia. Banyak pelabuhan dan daerah sekeliling Pearl Harbour merupakan pangkalan Angkatan Laut bawah laut Amerika Serikat, termasuk K-Bay. Latihan militer di Pearl Harbor telah dilakukan sejak 1940, seiring dengan meningkatnya ketegangan antara Amerika Serikat dan Jepang pada saat itu. 

Pearl Harbor punya nilai sejarah yang sangat penting bagi AS dan juga dunia. Serangan Pearl Harbor oleh Jepang pada 7 Desember 1941 menyebabkanAmerika Serikat ke kancah Perang Dunia II. 

Dalam serangan di pagi hari itu, Jepang menyerang kapal dan instalasi militer Amerika. Banyak korban tewas. Setidaknya 2.403 warga AS meninggal dunia dalam serangan mendadak oleh Jepang tersebut, termasuk 68 warga sipil.***

Bagikan: