Pikiran Rakyat
USD Jual 14.089,00 Beli 14.187,00 | Sebagian berawan, 21.6 ° C

Rusia Selidiki Kecurangan Apple

Huminca Sinaga
FOTO ilustrasi logo Apple.*/REUTERS
FOTO ilustrasi logo Apple.*/REUTERS

MOSCOW, (PR).- Perusahaan teknologi multinasional Apple Inc diduga telah melakukan kecurangan pasar dengan melancarkan persaingan tidak sehat.

Berdasarkan laporan Reuters, saat ini Apple berada di bawah penyelidikan pihak Rusia. Investigasi dilakukan setelah muncul keluhan dari perusahaan cybersecurity Kaspersky Lab.

Kaspersky menyebut, Apple Inc disinyalir telah melakukan monopoli pasar dan  merupakan persaingan tidak sehat.

Lembaga pengawas FAS mengungkapkan, pihaknya sedang melakukan penyidikan mengapa versi terbaru dari aplikasi safe kids milik Kaspersky Lab ditolak oleh sistem operasi Apple. Hal ini  berakibat kerugian besar pada aplikasi kontrol orangtua milik Kaspersky Lab karena tidak dapat berjalan semestinya.

Lebih lanjut, Apple telah membuat aplikasi serupa bernama Screen Time. Aplikasi kontrol orangtua yang memiliki penerapan sama yaitu memungkinkan mereka mengendalikan penggunaan tablet dan ponsel anak-anaknya.

Apple telah merilis versi 12 pada sistem kontrol orangtua Screen Time. 
Ketika disinggung mengenai investigasi Rusia, Apple memberikan pernyataan bahwa 28 pihaknya telah menghapus beberapa kontrol orangtua dari App Store karena tidak aman untuk privasi dan  pengguna.

Aplikasi yang dihapus itu menggunakan teknologi invasif yang disebut Mobile Device Management (MDM) dan penerapannya di aplikasi untuk konsumen adalah pelanggaran kebijakan App Store.

Perusahaan keamanan Kaspersky mengungkap hal tersebut merugikan karena mengurangi daya saing pengembang pihak ketiga.***

Bagikan: