Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Umumnya cerah, 27.9 ° C

Gudang Amunisi Rusia Meledak

Huminca Sinaga
Gudang amunisi Achinsk adalah salah satu gudang amunisi tertua dalam jaringan persenjataan militer Rusia meledak, sekitar 3.000 orang telah dievakuasi.*/REUTERS
Gudang amunisi Achinsk adalah salah satu gudang amunisi tertua dalam jaringan persenjataan militer Rusia meledak, sekitar 3.000 orang telah dievakuasi.*/REUTERS

Rusia, (PR).- Ribuan orang dievakuasi dari sejumlah desa sekitar pangkalan militer Siberia, setelah terjadi ledakan beruntun di gudang amunisi. Setidaknya delapan orang terluka akibat ledakan didekat kota Achinsk tersebut. Tiga orang yang terluka sedang dirawat di rumah sakit.

Dilansir laman BBC, Selasa, 6 Agustus 2019, yang mengutip keterangan otoritas kepolisian kota Achinsk, sekitar 3.000 orang telah dievakuasi, dan 11.000 orang lainnya sedang dalam proses evakuasi.

Anak-anak yang berada di perkemahan musim panas di sekitar lokasi kejadian, juga telah dievakuasi ke tempat aman. Sementara para tentara di pangkalan setempat mengungsi ke sejumlah bunker perlindungan dari bom.

Status darurat bahaya telah diumumkan di sekitar lokasi kejadian, sebelah barat kota Krasnoyarsk.

Saksi mata mengunggah video bola api raksasa dan kepulan asap hitam, yang keluar dari gudang amunisi, dari siang hingga malam hari. Gudang tersebut dilaporkan berisi puluhan ribu peluru artileri. Penyebab ledakan itu sendiri belum jelas.

Wilayah Krasnoyrsk adalah salah satu wilayah yang terkena dampak kebakaran hutan yang melanda hutan-hutan di wilayah siberia beberapa minggu terakhir yang diakibakan cuaca panas dan angin kencang.

Akan tetapi lokasi titik kebakaran terparah, jauh di bagian barat laut. Gudang amunisi Achinsk adalah salah satu gudang amunisi tertua dalam jaringan persenjataan militer Rusia. Rencananya. kata Menhan Rusia, bangunan tersebut akan dibongkar pada awal tahun 2022.***

Bagikan: