Pikiran Rakyat
USD Jual 14.279,00 Beli 14.181,00 | Umumnya cerah, 27.1 ° C

Pelesiran Murah ke Ruang Angkasa Segera Terwujud

Huminca Sinaga
ILUSTRASI.*/REUTERS
ILUSTRASI.*/REUTERS

REVOLUSI ruang angkasa ada pada kita. Demikian kata pengusaha teknologi gelombang baru yang berjanji untuk menjajah dan menguasai kosmos.

Beberapa miliader dan perusahaan roket mereka yang minim pelanggan mengatakan bahwa jumlah orang-orang yang pernah ke luar angkasa, yang awalnya 573 orang menurut ahli luar angkasa Jonathan McDowell, akan bertambah banyak. Mereka berjanji bahwa orang-orang awam akan bisa mengalami apa yang biasanya dialami oleh para astronot terlatih.

Akan tetapi, seperti dilaporkan CNN Business, orang-orang yang tertarik dengan ruang angkasa harus ingat: kemungkinan, perjalanan ke ruang angkasa masih akan menjadi perjalanan yang eksklusif untuk waktu yang lama.

Menginap di Stasiun Ruang Angkasa Internasional tentu membutuhkan biaya setidaknya puluhan juta dolar. Untuk hal itu, sebuah kelompok bernama Space Adventures telah menawarkan kesempatan kepada orang-orang kaya untuk terbang ke stasiun tersebut dengan menggunakan roket buatan Rusia. 

Sejauh ini, sudah ada tujuh klien yang telah melakukan perjalanan itu. Baru-baru ini pun, seorang miliarder dari Cirque Du Soleil, Guy Laliberte telah membayar 35 juta dolar AS untuk menghabiskan waktu selama dua minggu di ruang angkasa. Setelah awal tahun ini, NASA mengumumkan bahwa mereka akan membuka Stasiun Ruang Angkasa Internasional bagian Amerika Serikat untuk astronot swasta. Untuk hal itu, Bigelow Aerospace mengatakan mereka akan mengkoordinasikan perjalanan dengan biaya sebesar $ 52 juta per kursi.

Selain itu, SpaceX juga berencana akan membebankan uang dengan jumlah yang rahasia kepada miliarder Jepang untuk misi ke bulan yang dijadwalkan pada dekade berikutnya.

Virgin Galactic berada di ujung spektrum termurah untuk hal ini. Perusahaan yang didirikan oleh Richard Branson ini berencana untuk menawarkan penerbangan 90 menit ke atmosfer atas yang masing-masing memerlukan biaya sekitar $ 200.000 hingga $ 250.000. Harga tersebut sebanding dengan harga rumah rata-rata di Amerika Serikat.

Pelanggan Virgin akan naik pesawat ruang angkasa dengan enam tempat duduk yang disebut SpaceShipTwo. Pesawat tersebut akan naik hingga 40.000 kaki untuk mencapai titik yang terletak di bawah sayap kapal induk.

Pesawat bertenaga roket itu kemudian akan melepaskan dan menyalakan mesinnya, sementara para penumpang akan dibuat tegang saat mereka ada di ketinggian 50 mil di atas tanah yang merupakan batas yang dipertimbangkan oleh pemerintah Amerika Serikat untuk menandai awal dari luar angkasa.***

Bagikan: