Pikiran Rakyat
USD Jual 14.280,00 Beli 14.182,00 | Sebagian cerah, 28.1 ° C

Sharing Komunikasi dan Motivasi di KBRI Seoul

Erwin Kustiman
Pakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana/DOK. PR
Pakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana/DOK. PR

SEOUL, (PR).- Pakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana Kamis siang ini, 1 Agustus 2019 pukul 14.00 waktu Seoul, Korea Selatan, atau pukul 12.00 waktu Jakarta diagendakan untuk sharing Komunikasi dan Motivasi di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Seoul. Pesertanya sekitar 40 orang diplomat dan non-diplomat yang bertugas di kantor itu.

Kepastian tentang acara  sharing Komunikasi dan Motivasi itu diperoleh setelah Dr Aqua komunikasi dengan Duta besar (Dubes) Republik Indonesia di Korea Selatan Umar Hadi pada Rabu siang, 31 Juli 2019. Sebelumnya pada 2017 Dr Aqua pernah ketemu Umar saat tugas ke Seoul.

Diawali dengan WA Umar ke Dr Aqua yang menanyakan apakah sempat mampir di KBRI? Dr Aqua kemudian telefon Umar. Mereka ngobrolnya akrab sekali.

Dr Aqua dan rombongan sebanyak empat orang siang ini sekitar pukul 13.00 dijamu makan siang di Wisma Duta oleh Umar. Kemudian dilanjutkan sharing Komunikasi dan Motivasi dengan semua pegawai KBRI Seoul.

"Jadi kita makan siang di rumah jam 1. Lalu jam 2 Pak Aqua bisa ketemu semua staf (diplomat dan non-diplomat). Jumlahnya sekitar 40 orang. Jam 12.30 sopir saya akan jemput di hotel Four Points tempat Bapak menginap selama di Seoul," kata Umar seperti dikutip Dr Aqua. Bagi Bapak dua anak, Alira Vania Putri Dwipayana dan Savero Karamiveta Dwipayana ini, undangan jamuan makan siang serta sharing Komunikasi dan Motivasi dari Umar merupakan suatu kehormatan. Karena itu Dr Aqua memprioritaskan untuk hadir memenuhinya.

"Pak Umar sebagai Dubes di Korea Selatan selama ini pasti sibuk sekali. Jadi merupakan kehormatan buat saya dan rombongan diundang beliau makan siang serta sharing Komunikasi dan Motivasi di tengah-tengah jadwal beliau yang sangat padat. Insya ALLAH saya hadir memenuhi undangan tersebut," jelas Dr Aqua.

Selama ini di antara 34 negara yang sudah dikunjungi Dr Aqua, sharing Komunikasi dan Motivasi di KBRI Seoul paling sering dilaksanakan. Diawali pada 2013. Waktu itu Dubesnya masih dijabat John A Prasetyo. Pengurus Kadin tersebut hadir sejak awal hingga acaranya berakhir.

Kemudian pada Oktober 2017. Ketika itu Umar yang membuka acara tersebut. Pesertanya sebagian besar para mahasiswa. Sponsor tunggal kegiatan itu adalah BNI.

Jadi Pengurus KONI Pusat

Pada waktu yang hampir bersamaan, Dr Aqua seharusnya menghadiri acara Pelantikan Pengurus Komite Olahraha Nasional Indonesia (KONI) Pusat di ruang Flores Ballroom hotel Borobudur Jakarta. Ketua KONI Pusat masa bakti 2019 - 2023 Letjen TNI Purn Marciano Norman yang akan melantik semua pengurus terpilih.

"Jabatan Pak Aqua di Kepengurusan KONI Pusat masa bakti 2019 - 2023 sebagai Staf Ahli Ketua Umum KONI Pusat bidang Komunikasi Publik. Semoga Bapak berkenan dan yerima kasih atas kesediaan Pak Aqua membantu saya untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat kepada KONI Pusat. Semoga Allah SWT membimbing dan memudahkan segala upaya yang kita lakukan. Aamiin YRA..." Ungkap Marciano ke Dr Aqua.

Rabu siang kemarin Dr Aqua telah menerima undangan pelantikannya dari Sekretaris Ketua KONI Pusat, Paryanto. Namun karena sedang di Korea Selatan dengan beberapa agenda sehingga tidak bisa hadir.

Selama empat hari di Korea Selatan, Selasa sampai Jumat, 30 Juli 2019 - 2 Agustus 2019, Dr Aqua ada tiga agenda utama. Pertama, bersama istri Retno Setiasih dan putra bungsunya Savero Karamiveta Dwipayana melepas putri sulungnya Alira Vania Putri Dwipayana yang berangkat ke Tanah Suci untuk melaksanakan ibadah Haji.

Kedua, silaturahim ke teman-temannya antara lain Duta Besar RI untuk Korea Selatan Umar Hadi,  _General Manager_ (GM) BNI Seoul Anisfu dan GM Garuda Indonesia Korea Selatan Sonny Syahlan. Ketiga, sharing Komunikasi dan Motivasi di KBRI Seoul yang dihadiri seluruh pegawai. Itu untuk memenuhi undangan Umar.

"Karena ke Korea Selatan maka pada Senin siang, 29 Juli 2019 lalu saya sudah pamit ke Pak Marciano untuk tidak menghadiri Pelantikan Pengurus KONI Pusat masa bakti 2019 - 2023 hari ini. Alhamdulillah beliau mengijinkan dan memakluminya," pungkas Dr Aqua.***

Bagikan: