Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Sebagian berawan, 23 ° C

Sepatu Bekas Bisa Terjual dengan Harga Rp 6 Miliar

Huminca Sinaga
SEPATU langka yang akan dilelang oleh Nike.*/UPI
SEPATU langka yang akan dilelang oleh Nike.*/UPI

NEW YORK, (PR).- “Moon Shoes” atau “Sepatu Bulan”, sepatu vintage tahun 1972 itu berada di urutan tertinggi dalam pelelangan di New York yang mencakup sepatu olah raga yang terinspirasi oleh Back to the Future Part II.

Seperti dilaporkan The Guardian, Rabu 24 Juli 2019, sepasang sepatu lari tahun 1972 tersebut merupakan salah satu pasangan sepatu pertama yang dibuat Nike, dan telah terjual dengan harga $437,500 atau sekitar 6 miliar rupiah. Sepatu tersebut memecahkan rekor untuk sepasang sepatu olah raga di pelelangan umum.

Nike “Moon Shoes” dirancang oleh salah satu pendiri Nike dan pelatih lintasan pada uji coba olimpiade tahun 1972, Bill Bowerman. Sepatu tersebut menempati posisi teratas dalam pelelangan pertama yang didedikasikan untuk kategori sepatu di balai lelang Sotheby, Newyork pada Selasa lalu.

Sotheby mengatakan harga dari sepatu ini merupakan rekor lelang dunia untuk sepasang sepatu lari. Pembelinya adalah seorang investor Kanada dan kolektor mobil, Miles Nadal yang juga membayar sebesar $850.000 atau sekitar lebih dari 11 miliar rupiah untuk 99 pasang sepatu langka atau koleksi terbatas lainnya yang ditawarkan oleh Sotheby .

Sotheby mengatakan, harga tertinggi sebelumnya yang diambil di pelelangan publik untuk sepatu adalah senilai $190,373 atau sekitar 2 miliar rupiah di California pada 2017 silam. Harga itu didapatkan oleh sepasang sepatu Converse yang telah digunakan dan tandatangani oleh Michael Jordan pada tahun 1984 dalam babak final di sebuah olimpiade basket.

Sotheby yang dikenal karena menjual karya- karya seni dengan harga puluhan juta dolar ini bekerjasama dengan pasar barang Street Wear Stadium Goods untuk melelang 100 pasang sepatu olah raga paling langka yang pernah diproduksi dalam sebuah usaha. Sepatu- sepatu tersebut harus mencerminkan bahwa mereka tumbuh cepat sebagai barang koleksi.

“Moon Shoes” buatan tangan dengan pola wafel tunggal adalah satu dari 12 pasang yang pernah dibuat dan pasangan yang dilelang pada Selasa lalu adalah satu- satunya yang diketahui ada dalam kondisi yang tidak rusak, kata Sotheby.

Nadal selaku pendiri dari perusahaan investasi Peerage Capital menyatakan sangat senang atas pembeliannya. Ia menyebut “Moon Shoes” sebagai “artefak sejarah olah raga dan budaya pop yang sesungguhnya”

Ia pun berencana akan menampilkan “Moon Shoes” bersama dengan 99 pasang sepatu lain yang diperolehnya dalam penjualan tertutup minggu lalu di museum mobil pribadinya di Toronto.

Hasil sabetan Nadal terdiri dari sepatu Nike edisi terbatas Back to The Future Part II versi 2011 dan 2016 yang terinspirasi oleh film yang dibintangi oleh Michael J. Fox, sepatu edisi terbatas yang diproduksi Adidas, Air Jordan serta koleksi Yeezy milik rapper Kanye West.

Noah Wunsch selaku kepala eCommerce Sotheby mengatakan bahwa pelelangan sepatu olah raga ini menyatukan seni, budaya, dan fesyen.

“Kami ingin melihat kemana penjualan ini membawa kami, bukan hanya dalam penawaran sepatu di masa depan tetapi juga di area gaya hidup mewah yang baru lainnya,” ungkap Wunsch seperti dikutip The Guardian.***

Bagikan: