Pikiran Rakyat
USD Jual 14.034,00 Beli 14.132,00 | Berawan, 19.9 ° C

Menang Pemilu, Partai Kim Jong-un Raih 100 Persen Suara

Huminca Sinaga
DOK.PR
DOK.PR

PYONGYANG, (PR).- Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un ikut memilih dalam pemilihan umum akbar nasional, yang baru saja usai pada Minggu, 21 Juli 2019 malam waktu setempat. Hasilnya, seperti dilaporkan Bangkok Post, Senin, 22 Juli 2019, hampir 100%  surat suara yang masuk diklaim milik partai Jong-un. 

Karena tidak adanya persaingan di antara para kandidat,  pemilihan umum di Korea Utara ini pada dasarnya adalah sebatas ritual politik, yang memungkinkan pihak berwenang dapat mengklaim mandat rakyat sambil memperkuat loyalitas kepada rezim Kim. Tingkat partisipasi tahun ini adalah 99.98%, yang meningkat 0,01% dari angka yang terdaftar pada tahun 2015.

Laporan media pemerintah KCNA, hanya mereka yang berada di luar negeri atau bekerja di laut tidak dapat memberikan suara. KCNA juga menambahkan bahwa pemilih lanjut usia dan yang sedang sakit, memasukkan suara mereka ke dalam kotak suara seluler.

Negara yang terisolasi ini menggelar  pemilihan lokal setiap empat tahun, untuk memilih perwakilan di majelis provinsi, kota dan kabupaten. 

Biasanya, 99% warga di negara partai tunggal ini menggunakan hak pilih mereka. Hasilnya, 9% dari mereka memberikan suara “Ya” bagi kandidat yang tidak diperebutkan alias tunggal. Rezim Kim memuji partisipasi tinggi warganya dalam pemilu kali ini.

Sementara itu, Kim mengunjungi tempat pemungutan suara di provinsi Hamgyong Utara. Di sana dia memilih dua kandidat, bernama Ju Song Ho dan Jong Song Sik. Keduanya mencalonkan diri untuk majelis daerah di daerah itu. 

Kim Jong-un pernah mencalonkan diri pada tahun 2014 untuk pemilu legislatif dengan "stempel karet". Insiden tersebut membawanya berkuasa di Majelis Rakyat Tertinggi. Saat itu, ia meraih peroleh suara yang sempurna, yakni 100%.***

Bagikan: