Pikiran Rakyat
USD Jual 14.280,00 Beli 14.182,00 | Umumnya cerah, 18.2 ° C

Simpanse Juga Suka Nonton Film

Huminca Sinaga
SIMPANSE suka menonton film bersama simpanse lainnya. Penelitian tersebut menunjukkan, ikatan sosial melalui pengalaman bersama memiliki akar evolusi yang dalam.*/ DOK. PRFM. com
SIMPANSE suka menonton film bersama simpanse lainnya. Penelitian tersebut menunjukkan, ikatan sosial melalui pengalaman bersama memiliki akar evolusi yang dalam.*/ DOK. PRFM. com

NORTH CAROLINA, (PR).- Para ilmuwan telah menemukan bahwa simpanse suka menonton film bersama simpanse lainnya. Penelitian tersebut menunjukkan, ikatan sosial melalui pengalaman bersama memiliki akar evolusi yang dalam.

Manusia selalu melakukan aktivitas bersama-sama seperti menonton film atau bermain game. Namun, apakah perilaku ini dapat dirasakan oleh spesies lain?

Dilansir The Guardian, Senin, Wouter Wolf, seorang mahasiswa pascasarjana di Duke University di North Carolina sekaligus seorang penulis dalam penelitian ini mengatakan: “Manusia memiliki beragam aktivitas sosial yang tidak dimiliki spesies lain karena mereka agak berbudaya, misalnya mendengarkan musik atau menonton film.” 

Dia juga menambahkan, “Kami pikir hubungan semacam ini hanya bisa dirasakan oleh manusia saja.”

Dalam penelitian tersebut, yang diterbitkan jurnal Proceedings of Royal Society, simpanse ditempatkan secara berpasangan dan diperlihatkan video pendek.  Para peneliti kemudian mengukur berapa lama waktu mereka untuk mendekati pasangan mereka, seberapa dekat mereka dan berapa lama mereka tetap dekat.

 Efeknya juga diukur untuk pasangan bonobo dan kera besar yang dipasangkan dengan manusia.

Para ilmuwan menemukan bahwa, kera besar yang menonton video dengan spesies mereka sendiri atau manusia, mendekati pasangan mereka lebih cepat atau menghabiskan waktu lebih dekat dengan mereka, dibandingkan dengan simpanse yang menonton video sendiri.

Penemuan ini menunjukkan bahwa ikatan sosial yang diciptakan oleh kebersamaan, bisa jadi memiliki akar evolusi yang lebih dalam dari yang diperkirakan sebelumnya.

 "Hewan bisa berdiri bersama dan menyaksikan air terjun, tetapi mereka sepertinya tidak mencari pengalaman seperti itu," ujar Wolf seperti dilaporkan The Guardian.

Dia juga menambahkan, "Jadi, kami pikir mereka tidak mampu memproses seperti itu atau mereka tidak merasakan efek psikologis dari melakukan hal-hal tersebut.”

Hewan-hewan tersebut hanya diteliti sekitar tiga menit setelah mereka menonton video. Jadi, masih belum  jelas apakah pengalaman kebersamaan ini dapat memperkuat ikatan sosial dalam jangka waktu yang panjang. 

 Penelitian ini hanya menggunakan hewan di penangkaran saja, dan para ilmuwan mengatakan bahwa efek yang sama belum tentu terjadi pada simpanse di alam liar.

Sebuah penelitian serupa sedang direncanakan untuk meneliti efeknya pada anak-anak.***

 

Bagikan: