Pikiran Rakyat
USD Jual 13.961,00 Beli 14.059,00 | Cerah berkabut, 25.1 ° C

Mekkah Mulai Dibanjiri Calon Haji Indonesia, Imam Masjidil Haram Sebut Rombongan Indonesia Lembut dan Rendah Hati

Yusuf Wijanarko
JAMAAH melakukan shalat Jumat di Masjidil Haram dibawah suhu lebih dari 40 derajat celcius di Makkah, Arab Saudi, Jumat, 12 Juli 2019. Jamaah mulai berdatangan dari berbagai negara untuk melaksanakan ibadah Haji 1440 Hijriah.*/ANTARA
JAMAAH melakukan shalat Jumat di Masjidil Haram dibawah suhu lebih dari 40 derajat celcius di Makkah, Arab Saudi, Jumat, 12 Juli 2019. Jamaah mulai berdatangan dari berbagai negara untuk melaksanakan ibadah Haji 1440 Hijriah.*/ANTARA

MEKKAH, (PR).- Imam Masjidil Haram Syeikh Hassan bin Abdul Hamid Al Bukhari menyebut rombongan calon haji Indonesia sebagai rombongan yang terpuji, lembut, dan rendah hati.

“Saya melihat bahwa calon haji Indonesia itu adalah rombongan yang terpuji. Orangnya lembut-lembut dan tawadu. Ini sangat menyenangkan di hati orang muslim,” katanya kepada Tim Media Center Haji Indonesia di Umm Al Qura University Mekkah, Minggu 20 Juli 2019 waktu setempat.

Ia mengatakan, dengan kelembutan dan kerendahannya, calon haji Indonesia juga saling menolong. Selain itu, dia juga menilai calon haji Indonesia tertib. Hal itu dianggapnya merupakan anugerah dari Allah.

“Saya juga melihat mereka punya kedisiplinan yang tinggi. Walaupun Indonesia itu calon hajinya paling banyak di dunia, tidak menjadikannya penghalang untuk mereka selalu disiplin. Jumlah mereka besar, tertib,” katanya kepada Antara.

Pada kesempatan itu, dia mendoakan agar pelaksanaan ibadah haji berjalan dengan baik dan lancar.

“Ya Allah, dengan kemurahan-Mu jadikanlah semua haji, haji dari Indonesia maupun haji dari belahan negara muslim di dunia. Telah datang kewajiban haji bagi kalian, semoga Allah memberikan kemudahan bagi urusan kalian para haji dan Allah menerima ibadah kalian,” ujar dia dalam doanya.

Orang Indonesia mendominasi

Mekkah mulai dibanjiri calon haji Indonesia sebagai rombongan dengan jumlah paling banyak di dunia. Tercatat sudah 52.065 calon haji yang telah tiba di Mekkah.

Kepala Seksi Data dan Informasi Daerah Kerja Mekkah Panitia Penyelenggara Ibadah Haji 2019 Nurhanudin mengatakan, 127 kelompok terbang calon haji asal Indonesia telah tiba di Mekkah.

Nurhan menyampaikan, calon haji yang tiba di Mekkah merupakan gabungan gelombang pertama dan kedua pemberangkatan.

Berdasarkan pantauan di berbagai sudut di Mekkah, banyak calon haji dengan identitas tas sandang dari Indonesia berlalu lalang.

Mereka bergerombol menikmati suasana Mekkah dan tak sedikit dari mereka yang berbelanja di toko-toko yang buka hanya di musim haji.

Sementara di Masjidil Haram, calon haji Indonesia terlihat di berbagai sudut. Tak sedikit dari mereka yang telah berusia lanjut kelelahan saat menjalankan ibadah di Masjidil Haram.***

Bagikan: