Pikiran Rakyat
USD Jual 13.896,00 Beli 13.994,00 | Langit umumnya cerah, 19.4 ° C

Ada Pencak Silat di Yordania

Huminca Sinaga
EKSHIBISI Pencak Silat Promotional Event di Plaza Wisma Duta KBRI Amman, Kamis, 18 Juli 2019.*/KBRI AMMAN
EKSHIBISI Pencak Silat Promotional Event di Plaza Wisma Duta KBRI Amman, Kamis, 18 Juli 2019.*/KBRI AMMAN

AMMAN, (PR).- Upaya berkelanjutan KBRI Amman mempromosikan budaya Indonesia di Yordania kembali ditunjukkan melalui penampilan bertajuk Pencak Silat Promotional Event di Plaza Wisma Duta KBRI Amman, Kamis 18 Juli 2019. 

Melansir siaran pers KBRI Amman yang diterima Pikiran Rakyat, Jumat, 19 Juli 2019, kegiatan tersebut merupakan penutupan dari program Cetak Pelatih Silat (Training for Pencak Silat Trainers) yang diselenggarakan KBRI Amman sepanjang Juni-Juli 2019, bekerja sama dengan Perguruan Pencak Silat Al-Azhar Seni Bela Diri (ASBD) dan Yayasan Pesantren Islam (YPI) Al-Azhar. 

Selain itu, kegiatan ini juga menandakan peresmian Padepokan ASBD KBRI Amman dan pelantikan kepengurusannya. 

Sebanyak lima pelatih Pencak Silat baru telah dilantik secara langsung oleh Dewan Guru Perguruan Silat ASBD, yang dipimpin oleh Ketua YPI Al-Azhar, Sobidirin H. S. Kelima pelatih merupakan mahasiswa Indonesia dan staf KBRI Amman yang telah diseleksi dan dipandang layak menerima pembekalan menjadi pelatih pencak silat di bawah bimbingan dua pelatih utama Pencak Silat ASBD dari Jakarta.

Para pelatih baru itu kini dapat memberi pelatihan silat kepada masyarakat Yordania di bawah bendera Pencak Silat ASBD. Selain melantik para pelatih silat, KBRI Amman dan jajaran YPI Al-Azhar juga mendantangani kesepakatan kerja sama dalam mempromosikan pencak silat sebagai warisan seni dan budaya Indonesia, serta meresmikan pembukaan cabang khusus Pencak Silat ASBD di Yordania. 

“KBRI Amman secara serius mendorong pencak silat agar dapat semakin dikenal di Negeri Para Nabi melaui cara-cara yang inovatif," ucap Dubes RI Andy Rachmianto.

“Dengan dilantiknya para pelatih pencak silat dan peresmian Padepokan Pencak Silat ASBD di Yordania, saya mengharapkan Pencak Silat dapat mulai dipelajari dan diminati oleh masyarakat Yordania sehingga kebudayaan Indonesia juga semakin dikenal", tuturnya.

Melalui program ini, KBRI Amman juga memprakarsai pembukaan padepokan pencak silat di sejumlah sekolah dan universitas di Yordania. 

Kegiatan promosi ini menampilkan atraksi silat dari sekitar 25 anggota ASBD KBRI Amman yang terbagi ke dalam tiga kelompok kelas: junior (4-10 tahun), remaja (11-17 tahun), dan senior (18 tahun ke atas).

Pada kesempatan tersebut, Dubes RI Amman menerima pemberian gelar sebagai pendekar utama (kehormatan) oleh Ketua YPI Al Azhar. Gelar pendekar kehormatan juga diterima oleh sejumlah staf KBRI Amman.***

Bagikan: