Pikiran Rakyat
USD Jual 14.130,00 Beli 13.830,00 | Sebagian cerah, 27.1 ° C

Calon Astronot Tewas Naik Motor

Huminca Sinaga
CALON astranaut Mandla Maseko.*/INSTAGRAM
CALON astranaut Mandla Maseko.*/INSTAGRAM

JOHANNESBURG (PR)- Warga negara Afrika Selatan yang bakal menjadi astronaut kulit hitam pertama dari Afrika, tewas akibat kecelakaan sepeda motor sebelum mewujudkan mimpinya menjadi kenyataan.

Seperti dilaporkan BBC awal pekan ini, keluarga sang calon astronot mengatakan bahwa Mandla Maseko (30) tewas pada Sabtu 6 Juli 2019 waktu setempat atau Sabtu WIB.

Mendiang Maseko, yang bekerja sebagai DJ paruh waktu dan juga personel Angkatan Udara Afrika Selatan, diberi julukan “Afronaut” setelah melakukan pendaratan mulus dalam penerbangan 103km ke ruang angkasa pada tahun 2013 dalam kompetisi yang diadakan oleh Akademi Antariksa Amerika.

Menurut pernyataan dari pihak keluarganya yang dikutip dari berita setempat, Maseko meninggal dalam kecelakaan sepeda motor pada hari sabtu waktu setempat.

Pria 30 tahun ini, telah mengalahkan berjuta-juta peserta dari 75 negara untuk menjadi salah satu dari 23 orang yang akan melakukan satu jam perjalanan suborbital dengan pesawat luar angkasa Lynx Mark II.

Mandla menghabisakan satu minggu di Kennedy Space Academy Florida, dimana dia melakukan latihan skydiving, pertempuran udara (permainan arcade), dan G-force. Di sana dia bertemu dan berfoto dengan Buzz Aldrin, orang pertama yang mendarat di bulan setelah Neil Armstrong dalam misi luar angkasa Apollo 11 pada tahun 1969.
Awalnya Mandla dijadwalkan terbang pada tahun 2015. Namun, setelah itu, sampai dia meninggal, belum ada informasi jelas yang diumumakan ke publik tentang rencana perjalanannya itu.***

Bagikan: