Pikiran Rakyat
USD Jual 14.317,00 Beli 14.219,00 | Sebagian berawan, 23.5 ° C

Kapal Selam Terbakar, 14 Orang Tewas Menghirup Asap Beracun

Tim Pikiran Rakyat

FOTO ilustrasi kapal selam Rusia.*/KYIVPOST
FOTO ilustrasi kapal selam Rusia.*/KYIVPOST

MOSKOW, (PR).- Empat belas pelaut Rusia tewas dalam kebakaran di sebuah kapal selam yang digunakan untuk penelitian di dalam laut, kata kementerian pertahanan Rusia, Selasa 2 Juli 2019. Insiden terjadi di tengah laporan media setempat bahwa kapal itu adalah kapal selam mini rahasia yang bertenaga nuklir.

Pejabat Rusia tak banyak memberikan informasi tentang kapal dan kecelakaan yang terjadi. Tetapi, banyaknya kehadiran perwira senior di atas kapal tersebut tampaknya menunjukkan bahwa kapal itu bukanlah kapal yang memiliki tugas penelitian biasa.

Kementerian Pertahanan mengatakan empat belas awak kapal tewas pada Senin 1 Juli 2019 karena menghirup asap beracun setelah kebakaran terjadi. Kapal selam itu sekarang berada di Severomorsk, pelabuhan arktika, pangkalan utama armada Rusia di utara.

Namun sumber yang dikutip surat kabar Novaya Gazeta dan dilansir VOA mengatakan, kecelakaan itu terjadi pada kapal selam mini bertenaga nuklir AS-12, yang mampu melaju pada kedalaman yang ekstrem.

Otoritas radiasi Norwegia mengungkapkan bahwa Rusia telah memberi tahu bahwa ada ledakan gas di kapal selam itu, sebuah klaim yang dengan cepat disangkal oleh Moskow.***

Bagikan: