Pikiran Rakyat
USD Jual 14.285,00 Beli 14.187,00 | Sedikit awan, 23.4 ° C

Wanita Hamil Pengidap Migrain Berisiko Keguguran

Huminca Sinaga
*/ALODOKTER.COM
*/ALODOKTER.COM

KOPENHAGEN, (PR).- Hasil kajian dari Denmark menunjukkan bahwa wanita hamil dengan sakit kepala migrain lebih mungkin mengalami komplikasi ataupun keguguran. Selain itu, bayi yang lahir dari wanita pengidap migran juga berisiko lebih tinggi terhadap komplikasi setelah kelahiran.

Mereka juga berisiko mendapat operasi caesar dan melahirkan anak dengan berat badan kecil. Seperti dilansir laman The Indian Express, Rabu, 3 Juli 2019, sakit kepala atau migrain umum ditemukan di kalangan wanita muda, dengan 25 persen wanita usia reproduksi terkena dampaknya.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal 'Head and Face Pain', menunjukkan bahwa risiko operasi caesar (antara 15-25 persen) lebih tinggi terhadap wanita hamil dengan migrain dibandingkan dengan wanita hamil tanpa migrain. Sekitar 20 persen dari semua kelahiran di Denmark melalui operasi caesar.

Para peneliti juga menggunakan data yang sama untuk menyimpulkan bahwa obat migrain mungkin mencegah beberapa komplikasi. Penelitian ini menegaskan bahwa wanita yang menggunakan obat untuk migrain tidak memiliki risiko merugikan dibandingkan dengan wanita dengan migrain yang tidak diobati.***

Bagikan: