Pikiran Rakyat
USD Jual 14.044,00 Beli 14.142,00 | Sebagian berawan, 21.6 ° C

Arsitek Piramida Kaca di Louvre Prancis Meninggal Dalam Usia 102 Tahun

Tim Pikiran Rakyat
null
null

NEW YORK, (PR).- Ieoh Ming (I.M) Pei, seorang arsitek terkemuka Cina-Amerika yang mendesain berbagai bangunan modern termasuk piramida kaca Louvre di Paris, telah meninggal dalam usia 102 tahun. Di New York Amerika pada hari Kamis (16/5).

Dikutip dari BBC news. I M Pei seumur hidupnya dikenal selalu merancang struktur bangunan ikonik di seluruh dunia. Desain Pei terkenal karena penekanannya pada geometri presisi, permukaan polos, dan cahaya alami. Pria asal Cina ini terus bekerja dengan baik hingga usia senja, ia menciptakan salah satu karya agungnya yang paling terkenal seperti Museum Seni Islam di Doha, Qatar saat ia berusia 80-an.

Seorang Seniman pragmatis

Ieoh Ming Pei lahir di Guangzhou Cina pada tahun 1917, kemudian pindah ke AS pada usia 18 tahun untuk belajar di Pennsylvania, MIT dan Harvard.

Dia bekerja sebagai ilmuwan riset untuk pemerintah AS selama Perang Dunia Kedua, dan kemudian bekerja sebagai arsitek hingga mendirikan perusahaannya sendiri pada tahun 1955.

Salah satu arsitek paling produktif di abad ke-20, ia telah merancang bangunan kota, hotel, sekolah, dan bangunan lainnya di seluruh Amerika Utara, Asia, dan Eropa.

Gayanya digambarkan sebagai modernis dengan tema-tema kubisme yang dipengaruhi oleh kecintaannya pada arsitektur Islam. Bahan bangunan kesukaannya adalah kaca dan baja dengan kombinasi beton.

Pei pernah memicu kontroversi dalam "pyramide inversée" (piramida terbalik) di Museum Louvre, Paris. Struktur kaca dibuka pada tahun 1993 dan sekarang menjadi salah satu landmark paling terkenal di Paris. Karyanya yang lain termasuk Dallas City Hall dan Miho Museum Jepang.

"Saya percaya bahwa arsitektur adalah seni pragmatis. Seni itu harus dibangun atas dasar kebutuhan," katanya suatu ketika.

Dia memenangi berbagai penghargaan dan hadiah untuk bangunannya, termasuk Medali Emas AIA, Praemium Imperiale for Architecture.

Pada tahun 1983 Pei diberi Penghargaan Pritzker yang bergengsi. Juri mengatakan bahwa dia "telah memberi abad ini beberapa ruang interior dan bentuk eksterior yang paling indah". Dia menggunakan uang hadiah $ 100,000-nya untuk memulai dana beasiswa bagi siswa Cina untuk belajar arsitektur di Amerika. (JT-Moch Ryan)***

 

Bagikan: