Pikiran Rakyat
USD Jual 14.605,00 Beli 14.305,00 | Sebagian berawan, 20.5 ° C

KBRI Amman Berbuka Bersama Muslim Palestina

Huminca Sinaga
SUASANA iftar bersama KBRI Amman,Yordania  dengan Muslim Palestina, Senin 13 Mei 2019, waktu setempat.*/ ISTIMEWA
SUASANA iftar bersama KBRI Amman,Yordania dengan Muslim Palestina, Senin 13 Mei 2019, waktu setempat.*/ ISTIMEWA

AMMAN, (PR).- Dalam rangka mengisi bulan suci Ramadan 1440H, salah satu rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh KBRI Amman, Yordania adalah melaksanakan buka puasa (iftar) bersama.

Seperti tahun lalu, KBRI Amman tahun ini kembali menyalurkan donasi dari masyarakat Indonesia melalui penyediaan makanan/minuman untuk berbuka puasa bagi sekitar 500 warga Palestina di kompleks Masjid Al Aqsa, Yerusalem, pada hari Minggu sore 12 Mei 2019 waktu setempat.

Melansir pers rilis KBRI Amman,  kegiatan iftar kali ini diselenggarakan atas kerja sama antara KBRI Amman dengan sukarelawan sahabat Indonesia yang bermukim di Yerusalem sebagai kota suci tiga agama.

Penyaluran donasi dalam bentuk paket berbuka puasa ini sebagai bentuk kepedulian dan berbagi kepada saudara-saudara kita di Palestina.

KBRI berharap, bantuan dari para dermawan ini mendapat rida Allah SWT dan memperoleh ganjaran yang setimpal bagi para donatur di bulan suci Ramadan yang penuh berkah dan rahmat.

Selama iftar berlangsung di kompleks Al Aqsa, warga Muslim Palestina yang berpuasa duduk tertib bersila menikmati menu berbuka berupa nasi ayam dan telur yang dimasak di dapur umum.

Sebotol air putih dan beberapa butir kurma pun disediakan untuk melengkapi sajian iftar yang berlangsung di halaman Masjid Al Aqsa, salah satu dari tiga masjid suci yang wajib dikunjungi umat Muslim sedunia.

Tidak terganggu intimidasi Israel

Meskipun kota suci Yerusalem masih diduduki oleh Israel, situasi ini tidak mengganggu suasana warga muslim Palestina untuk menjalankan ibadah puasa, termasuk berbuka bersama (iftar) dan salat tarawih.

Dubes RI untuk Yordania dan Palestina, Andy Rachmianto, menyatakan bahwa kepedulian masyarakat Indonesian kepada Palestina tidak akan pernah surut. “Warga muslim Palestina tetap dapat menjalankan ibadah puasa, termasuk iftar dan salat tarawih, meskipun di bawah bayang-bayang intimidasi  Israel,”  ujar Andy.

Selain itu, kegiatan iftar yang diprakarsai oleh KBRI Amman ini juga merupakan bukti bahwa Indonesia selalu bersama Palestina dalam situasi apapun.  Palestina pun diharapkan dapat segera meraih kemerdekaan agar dapat sejajar dengan bangsa-bangsa lain di dunia. ***

Bagikan: