Pikiran Rakyat
USD Jual 14.080,00 Beli 13.780,00 | Sebagian berawan, 20.2 ° C

Sukhoi Terbakar di Rusia, 41 Penumpang Tewas

Erwin Kustiman
null
null

MOSKOW, PR).- Lebih dari 41 orang tewas ketika sebuah pesawat penumpang melakukan pendaratan dan terbakar di Moskow pada hari Minggu waktu setempat atau Senin 6 Mei 2019 WIB.Mengutip dari Deutsche Welle, Komite Investigasi Rusia mengatakan setidaknya dua anak termasuk di antara mereka yang meninggal.

Kementerian Keadaan Darurat menyatakan bahwa enam orang telah dirawat di rumah sakit. Komite Investigasi kemudian mengatakan "37 telah selamat" dari 78 penumpang. Sukhoi Superjet buatan Rusia milik operator nasional Aeroflot mengangkut 73 penumpang dan lima anggota awak. Para penumpang dipaksa untuk mengungsi menggunakan papan luncur darurat, dengan video yang menunjukkan orang-orang terhuyung-huyung menjauh dari pesawat yang terbakar.

Pesawat itu diatur untuk meninggalkan Sheremetyevo ke utara Murmansk, yang terletak di dalam Lingkaran Artik dan dekat dengan perbatasan Finlandia. Namun, keadaan darurat di dalam pesawat memaksa pilot untuk membalikkan pesawat tidak lama setelah lepas landas.
Tak lama setelah insiden itu, Aeroflot merilis pernyataan yang mengatakan bahwa jet terpaksa kembali karena masalah teknis. Maskapai tidak menyebutkan secara spesifik masalah apa yang dialami pesawat. Belum jelas kapan kebakaran terjadi pada jet AeroflotPertanyaan kapan kebakaran terjadi.

Pesawat dilaporkan melakukan beberapa upaya untuk mendarat, dengan pejabat bandara mengatakan bahwa pesawat terbakar ketika mendarat darurat. "Pesawat itu mengirimkan sinyal marabahaya setelah lepas landas, memulai prosedur pendaratan darurat, gagal mendarat dalam upaya pertama, dan yang kedua menghantam roda pendaratan dan hidungnya di landasan pacu dan mulai terbakar," ungkap sumber yang tidak disebutkan namanya kepada Kantor Beeriya Interfax.

Namun media Rusia melaporkan bahwa kebakaran terjadi di pesawat sebelum mendarat. Pihak berwenang Rusia dan maskapai belum mengomentari alasan yang tepat jet itu berbalik. Penyelidik berada di lokasi di Sheremetyevo, kata para pejabat Rusia. Sukhoi Superjet 100 melakukan penerbangan komersial pertama pada 2011. Pada Mei 2012, sebuah pesawat jenis ini jatuh saat dalam penerbangan promosi di Indonesia dengan 50 orang di dalamnya. ***

Bagikan: