Pikiran Rakyat
USD Jual 14.279,00 Beli 14.181,00 | Cerah berawan, 17.5 ° C

Misteri Hilangnya Danau Cantik di Cairngorms Skotlandia

Tim Pikiran Rakyat
null
null

SEBUAH danau di dataran tinggi Skotlandia telah kehilangan jutaan galon air sejak September tahun lalu.

Danau tersebut adalah Loch Vaa, lokasinya tak jauh dari Aviemore. Pemandangan danau dan rumah perahu yang berada di atas air danau telah menjadi subjek wisata populer bagi para fotografer dan seniman dunia selama puluhan tahun.

Pihak pengelola kawasan Loch Vaa, telah mengundang komunitas lokal dan wisatawan untuk memancing rekreasi meraka terhadap kondisi Loch Vaa,mereka mengatakan levelnya telah turun 1,4m (4,5 kaki).

Brian O'Donnell berkata, "sepertinya ada sesuatu yang  menyumbat sumber mata air danau." Badan Perlindungan Lingkungan Skotlandia (Sepa) menyatakan bahwa Loch Vaa telah tersiksa karena musim dingin yang "relatif kering".

Boathouse at Loch Vaa

Sumber: Neil McDade / Spectacular Scotland
Loch Vaa dan rumah perahu di atasnya, populer di kalangan fotografer dan seniman dunia

O’Donnell, yang membantu menjalankan aktivitas pemancingan di Loch Vaa, mengatakan dia pertama kali memperhatikan level itu turun pada awal September setelah dia mengisi ulang dengan ikan forel coklat pelangi.

Dia berkata mengatakan kepada BBC Skotlandia: "Pada pertengahan September kami tidak bisa mendapatkan perahu untuk memancing." Sejauh ini Loch Cairngorms telah kehilangan sekitar 35 juta galon air, tambah O’Donnell

Dia berkata: "Ini adalah kondisi Loch yang termakan musim semi, tidak ada anak sungai, jadi ada sesuatu yang terjadi di bawah tanah. Ini hampir seperti ada seseorang telah menyedot sumber airnya."

Loch Vaa boathouse

Sumber foto: Neil McDade / Spectacular Scotland
Rumah perahu di Loch Vaa dalam gambar yang diambil oleh Neil McDade, gambar atas permukaan air normal dan gambar dibawahnya yang diambil pada hari Kamis

Brian O'Donnell

Brian O'Donnell menggambarkan situasi Loch vaa

O'Donnell mengatakan keringnya air danau dapat menimbulkan risiko bagi burung liar, termasuk burung grebe, dan juga industri pariwisata lokal. Dia mengatakan banyak pengunjung bertahan tempat akomodasai liburan terdekat,sambil memancing di Loch

Charlie Whelan, seorang pemancing lokal, mengungkapkan kesedihan saat mengetahui kondisi mengeringnyaLoch Vaa.

Dia berkata: "Loch Vaa adalah danau unik di Skotlandia karena sangat jernih. Lokasinya adalah tempat pemancingan yang indah, terutama di malam hari."

Mr Whelan menyalahkan pihak pemberdaya Air Skotlandia karena mempengaruhi mata air.
 

Dia berkata: "Ini tidak ada hubungannya dengan curah hujan. Ini sepenuhnya karena pihak pemberdaya Air Skotlandia (PAM), untuk menghemat uang, mereka menggali lubang bor besar di Aviemore yang lokasinya dekat Loch Vaa."

Charlie Whelan

Seorang pemancing lokal Charlie Whelan mengatakan lubang bor adalah penyebab hilangnya air

Tapi pihak Pengelola Air Skotlandia mengatakan akuifer bawah tanah dan lubang bor yang memasok air ke wilayah Badenoch dan Strathspey terletak sekitar 6 kilometer di hulu Loch Vaa, dan terlalu jauh untuk mempengaruhi kekeringan danau.

Seorang juru bicara mengatakan: "Spesialis hidrologi telah menyarankan bahwa mengingat geografi daerah dan jarak antara lokasi, tidak ada kemungkinan hubungan air tanah antara lubang bor dan ketinggian air di Loch Vaa.

"Agar air mengalir di antara celah-celah ini,akan memerlukan satu set peralatan geologi yang sangat khusus dan ini tidak ada di sini."

Dia menambahkan: "Kompleksitas geologi gletser di Lembah Spey sedemikian rupa sehingga banyak hambatan bawah tanah untuk aliran air tanah ada di antara lokasi tersebut."

Loch Vaa

Sumber foto:Brian O'Donnell
Badan Perlindungan Lingkungan Skotlandia mengatakan musim dingin yang kering kemungkinan menjadi penyebabnya

Badan Pelindungan Lingkungan Skolandia mengatakan Loch Vaa berada di daerah yang sudah diidentifikasi sebagai potensi risiko kelangkaan air untuk tahun ini.

Seorang juru bicara mengatakan: "Meskipun umumnya dianggap sebagai negara basah, Skotlandia dapat rentan terhadap periode cuaca kering, yang dapat mengakibatkan tekanan pada lingkungan dan pengguna air di beberapa daerah.

"Musim dingin 2018 -2019 telah relatif kering dibandingkan dengan kondisi rata-rata jangka panjang.

"Ada beberapa  curah hujan dalam beberapa pekan terakhir, tetapi karena Loch Vaa sebagian besar mengalami musim semi, daerah ini tidak akan dipengaruhi curah hujan dengan cara yang sama seperti daerah lain karena danau sumber airnya adalah sungai." (JT-Lantika Sihotang, disarikan dari bbc.co.uk)***

 

 

Bagikan: