Pikiran Rakyat
USD Jual 14.317,00 Beli 14.219,00 | Sedikit awan, 20.6 ° C

Foto Lubang Hitam Diungkap Pertama Kalinya dalam Sejarah Hari Ini, Teori Albert Einstein Terbukti

Okky Ardiansyah
LUBANG hitam pertama dalam sejarah yang berhasil difoto menggunakan Event Horizon Telescope/EHT
LUBANG hitam pertama dalam sejarah yang berhasil difoto menggunakan Event Horizon Telescope/EHT

JARINGAN 8 teleskop bernama Event Horizon Telescope (EHT) berhasil mengabadikan foto black hole atau lubang hitam untuk kali pertama dalam sejarah. Lubang hitam tersebut berada di galaksi lain, yakni galaksi Messier 87.

“Kami sukses menangkap gambar pertama lubang hitam,” ucap Direktur Proyek EHT, Sheperd S Doeleman, sebagaimana dilaporkan situs resmi EHT.

“Ini menjadi pencapaian luar biasa dalam ilmu pengetahuan yang dilakukan oleh lebih dari 200 peneliti,” katanya.

Lubang hitam tersebut berjarak 500 juta triliun kilometer dari bumi dan mempunyai luas 40 miliar kilometer atau 3 juta kali lebih besar dibanding bumi. Bahkan, luas lubang hitam itu mengalahkan ukuran tata surya.

Tim peneliti yang diketui Heino Falcke dari Radboud University lantas memuplikasikan temuannya dalam Astrophysical Journal Letters. BBC melaporkan, Heino Falcke, yang menjadi penggagas penelitian tersebut menyebut bahwa lubang hitam itu sebagai monster.

“Masa lubang hitam itu 6,5 miliar kali lebih berat daripada matahari. Kami menerka bahwa lubang hitam itu merupakan yang terberat di alam semesta. Karena apa yang kami temukan lebih besar daripada tata surya,” katanya.

Menurut Heino Falcke, cahaya merah yang mengitari lubang hitam merupakan gas panas yang tertarik ke dalamnya. Dahsyatnya, sinar cahaya tersebut lebih terang dari miliaran bintang yang ada dalam galaksinya. Maka dari itu, cahaya merah yang menyerupai cincin tersebut dapat tertangkap jelas dari bumi.

Teori relativitas terbukti

Peneliti bernama Ziri Younsi dari University College London mengatakan bahwa penemuan tersebut selaras dengan teori relativitas umum Albert Einstein.

Dalam teori tersebut disebutkan bahwa lubang hitam merupakan gerbang satu arah gravitasi yang dapat menarik benda apapun yang berada di sekitarnya.

“Lubang hitam memang merupakan objek yang relatif sederhana tetapi menimbulkan pertanyaan yang begitu rumit menyoal ruang dan waktu, yang pada akhirnya menghadirkan pertanyaan tentang keberadaan kita (manusia),” katanya.

“Penemuan yang sungguh luar biasa. Foto yang didapatkan (EHT) sangat mirip dengan yang kita perhitungkan secara teoretis. Sejauh ini, pernyataan Albert Einstein tentang lubang hitam dapat dikatakan benar,” katanya.

Lingkaran hitam yang berada tepat di tengah lubang hitam menjadi pintu masuk tersedotnya segala materi. Dengan tarikan gravitasi yang luar biasa kuat, lubang hitam bisa menarik cahaya. Penemuan itu menjadi titik awal para peneliti untuk terus mencari tahu soal lubang hitam.

Pertanyaan besar para peneliti yang belum terjawab adalah soal ke mana benda-benda yang ditarik lubang hitam berakhir?***

Bagikan: