Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Umumnya cerah, 18.3 ° C

The Guardian Ungkap Skandal Imigran

Huminca Sinaga
FOTO ilustrasi imigran.*/REUTERS
FOTO ilustrasi imigran.*/REUTERS

LONDON, (PR).- Jurnalis The Guardian, Amelia Gentleman diganjar penghargaan karena mengungkap ketidakadilan di kalangan  generasi imigran (skandal Windrush).

Sebelumnya The Guardian juga telah memenangkan penghargaan lain karena memberitakan skandal Windrush. 

Dilansir laman The Guardian, Kamis 4 April 2019, Kate Allen, direktur Amnesty International Inggris, menyerahkan penghargaan Impact pada sebuah upacara di Bafta di London tengah pada Rabu malam kepada reporter Guardian Amelia Gentleman, yang mempelopori investigasi terkait ribuan imigran Inggris yang dianggap keliru sebagai imigran ilegal.

Setelah enam bulan laporan tentang kasus Windrush di Guardian, Perdana Menteri Inggris dipaksa untuk meminta maaf pada bulan April tahun lalu pada para korban. Sementara mendagri saat itu, Amber Rudd, mengatakan ia menyesal atas tindakan "mengerikan" dari departemennya sendiri dan mengundurkan diri bulan itu setelah mengakui dia secara tidak sengaja telah menyesatkan parlemen.

Pada hari Rabu, Mendagri Sajid Javid, mengumumkan bahwa pemerintah akan membayar hingga 200 juta poundsterling sebagai kompensasi kepada orang-orang yang kehidupannya dirusak oleh skandal itu.

"Apa pun yang kita katakan atau lakukan tidak akan pernah menghapus luka, trauma, kehilangan yang seharusnya tidak pernah diderita oleh pria dan wanita dari generasi Windrush, tetapi bersama-sama kita dapat mulai memperbaiki kesalahan Windrush," kata Javid dikutip The Guardian.

Penghargaan Amnesty adalah salah satu dari banyak penghargaan yang diterima oleh Gentleman dan Guardian untuk liputan Windrush mereka. Pada Selasa malam, penyelidikan tersebut juga memenangkan penghargaan Cudlipp untuk kampanye tahun ini di National Press Awards.

Pada bulan Desember, Gentleman diangkat sebagai 'journalist of the year' di British Journalism Awards di London untuk kerjanya dalam pelaporan skandal Windrush, dimana para juri menggambarkan berita tersebut "mencengangkan".

Gentleman juga memenangkan penghargaan Paul Foot yang bergengsi Juni lalu karena dia melaporkan skandal Windrush.***
 

Bagikan: